Grab Luncurkan Lima GrabKitchen di Kota Surabaya

Co-Founder Greenly, Edrick Joe Soetanto bersama Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe serta Head of GrabKitchen, Sai Alluri dan Pemilik Ayam Bakar Taliwang Sasak Tulen, Ehsan di acara Peluncuran GrabKitchen Surabaya Rabu, (12/2). [Achmad tauriq/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Memudahkan pemesanan makanan dan mendorong pertumbuhan bisnis mitra merchant, Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara telah meluncurkan GrabKitchen di Surabaya yang terletak di lima titik yakni Kertajaya, Kedungsari, Tenggilis, Darmo Permai dan Pasar Atom.
GrabKitchen merupakan sebuah cloud kitchen yang menyatukan berbagai pilihan makanan dan minuman (F&B) dalam satu lokasi untuk menjawab permintaan pasar yang belum terpenuhi di wilayah-wilayah tertentu lewat pemanfaatan data.
Melalui GrabKitchen, para mitra GrabFood dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka dengan biaya dan risiko yang rendah sekaligus mengembangkan bisnis mereka di wilayah-wilayah baru. Hal ini juga akan mendorong mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga dikenal lebih luas oleh masyarakat.
Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe usai meluncurkan GrabKitchen di Hotel Santika Premiere Gubeng, Rabu (12/2) kemarin mengungkapkan perluasan jaringan GrabKitchen ini merupakan wujud nyata komitmen GrabFood untuk tumbuh bersama para mitra usahanya, mulai dari jaringan restoran terkemuka internasional dan nasional, hingga ke warung-warung lokal di tanah air.
“Peresmian GrabKitchen di Surabaya ini mencerminkan prestasi bisnis yang berhasil kami catatkan sepanjang 2019 dimana GrabFood telah menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan GMV (gross merchandise value) mencapai 5,2x dan pengguna aktif meningkat hingga 173 persen,” terangnya.
Hadi menambahkan di Indonesia, GrabFood telah menjadi platform pesan-antar #1 yang paling sering digunakan di Indonesia dengan pertumbuhan GMV mencapai 4,8x, jumlah pengguna aktif meningkat sebesar 2,1x dan mitra merchant GrabFood tumbuh 1,9x pada periode Januari-Desember 2019.
“GrabFood bangga dapat menjadi pelopor transformasi layanan pesan-antar makanan di Indonesia melalui GrabKitchen untuk mendorong pertumbuhan bisnis mitra merchant kami, sekaligus memanjakan pelanggan dengan lebih banyak pilihan santapan,” ujar Hadi.
Hadi menambahkan bagi mitra GrabFood yang sebagian besar para UMKM, GrabKitchen menawarkan peluang ekspansi ke wilayah-wilayah baru serta membuka kesempatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen melalui pemanfaatan teknologi dan data.
Selain itu konsep cloud kitchen juga dapat membantu menekan biaya operasional, karena sebagian besar dari kegiatan cloud kitchen merupakan layanan delivery-only sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan investasi besar untuk biaya sewa tempat.
Bahkan para mitra usaha juga mendapatkan dukungan pemasaran dalam aplikasi GrabFood sebagai upaya untuk meminimalisir sejumlah kendala yang umumnya dihadapi para pengusaha makanan dan minuman ketika mereka berekspansi atau bahkan memulai bisnis mereka.[riq]

Tags: