Gresik Kembali Dapat Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Bupati Gresik saat menerima penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Kabupaten Gresik kembali dinobatkan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan yang ditandatangani oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yasonnah Laoly diterimakan oleh Kepala Kanwil Kemenkum HAM RI di Jawa Timur Krismono bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto.

Penerimaan penghargaan secara nasional itu, dirangkaikan dengan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2020 yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Jawa Timur Kementerian Hukum dan HAM RI di Surabaya pada, Senin (14/12/2020), dan dilaksanakan nasional secara virtual.

Usai menerima penghargaan, Bupati Sambari mengatakan, bahwa penghargaan itu merupakan apresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Gresik dalam melaksanakan program pembangunan dengan mengacu pada rencana Aksi Hak Asasi Manusia.

Disamping itu, lahirnya berbagai produk hukum daerah yang ditujukan untuk penguatan pelayanan kepada masyarakat juga menjadi faktor pendukung pencapaian penghargaan tersebut.

“Tentunya dengan penghargaan tidak lantas membuat pemerintah daerah berpuas diri di atas capaian yang telah diperoleh, namun akan menjadi penambah semangat untuk terus bekerja demi kemajuan dan peningkatan kualitas Hak Asasi Manusia di Kabupaten Gresik,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, penghargaan kabupaten peduli HAM diberikan berdasarkan tujuh aspek penilaian hak dasar masyarakat yaitu, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Setiap tahun penghargaan kabupaten peduli HAM selalu diterima oleh Pemkab Gresik. [eri]

Tags: