Gubernur Ajak Desa Wisata Jatim Cerdas, Mandiri, dan Sejahtera

Tiga Desa di Kota Batu mendapatkan penghargaan Dewi Cemara dalam Jambore Desa Wisata se-Jatim yang digelar di Area Jawa Timur Park 3 Kota Batu, Sabtu (5/12).

Kota Batu, Bhirawa
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengajak semua lini bisa bekerja sama untuk meningkatkan kualitas dan eksistensi desa wisata yang ada di Jawa Timur. Hal ini ditekankan gubernur dalam Jambore Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Jatim yang digelar di Area Jawa Timur Park 3 Kota Batu, Sabtu (5/12).

Giat jambore yang diselenggarakan Dinas Pariwisata (Disparta) Provinsi Jawa Timur diikuti oleh puluhan destinasi desa wisata dan pokdarwis di Jatim. Dengan mengambil tema ‘Jawa Timur menuju Desa Wisata cerdas, mandiri dan sejahtera’, pemprov juga tengah menyiapkan eksport center pertama di Indonesia. Hal ini dalam rangka untuk membantu UKM dan penggiat ekonomi yang lain di Jawa Timur.

“Mari bersama sama bahu membahu semoga Jawa Timur sehat masyarakatnya serta sehat ekonominya. Karena kita tahu potensi yang sangat bagus perlu branding yang bagus sehingga keunggulan dan kehandalan produk masing masing desa bisa kompetitif,” jelas Khofifah yang menghadiri jambore secara virtual dari Gedung Grahadi, Sabtu (5/12).

Kehdiran secara virtual juga dilakukan Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko dari rumah dinas Walikota Batu. Walikota menyampaikan terima kasih kepada ibu Gubernur Jatim yang telah mempercayai Kota Batu sebagai tempat kegiatan yang membuat Kota Batu lebih semarak.

“Semoga acara ini bisa berjalan dengan sukses dan wisata Jawa timur semakin maju untuk masyarakat yang sejahtera,”kata Dewanti.

Adapun yang hadir langsung dalam kegiatan ini Kepala Disbudpar Prov Jatim Sinarto SKar MM, Kepala (DPMD) Prov Jatim M Yasin, Kadisparta Kota Batu Arief As Siddiq, Perwakilan Forkompinda Kota Batu. Dalam kesempatan ini Kadisbudpar Prov Jatim, Sinarto menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan jambore kali ini adalah memaksimalkan potensi desa wisata.

“Kita juga ingin lebih mengkreasikan budaya desa wisata, dan diharapkan alur ekonomi masyarakat dapat berkembang dengan baik juga melalui desa wisata,” ujar Sinarto

Diketahui, Jambore Desa Wisata digelar 3-5 Desember. Jambore ini dalam rangka memperkenalkan potensi desa wisata kabupaten/kota se-Jawa Timur. Dipilihnya Kota Batu sebagai tempat penyelenggaraan membawa dampak positif untuk mempromosikan potensi wisata Kota ini. Apalagi ada tiga desa di Kota Batu yang mendapatkan penghargaan Desa Wisata Cerdas, Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara).

Tiga desa itu yakni, Desa Sumbergondo, Desa Punten dan Desa Bumiaji. Ketiga desa ini berada di Kecamatan Bumiaji yang secara geografis memiliki daya tarik menampilkan panorama alamnya yang memukau.

Kadisparta Kota Batu, Arief Asshidiq berharap tiga desa yang berada di Kecamatan Bumiaji itu bisa menjadi inspirasi bagi desa lain di Kota Batu untuk ikut mengukir prestasi yang sama melalui eksplorasi potensi-potensi di masing-masing desa/kelurahan.

“Sinergi sangat dibutuhkan dalam pengembangan potensi desa berbasis desa wisata. Dinas Pariwisata Kota Batu akan terus memberikan stimulus bagi BUMDes agar berperan membangkitkan geliat potensi desa sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan,”ujar Arief.(nas)

Tags: