Gubernur Khofifah Beri Penghargaan Penghafal Alquran

M Hudhori di tengah para hafidz/hafidzah Kab Sidoarjo yang menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. [alikus]

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 210 orang penghafal Alquran atau hafidz dan hafidzah di Kab Sidoarjo, mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.
Menurut pembina hafidz dan hafidzah Kab Sidoarjo, M Hudhori, kegiatan yang bertujuan untuk pemberdayaan para penghafal Alquran itu, juga diberikan kepada penghafal Alquran di 37 Kabupaten/Kota di Jatim lainnya.
“Jumlah 210 hafidz di Sidoarjo yang mendapatkan penghargaan ini, sudah termasuk banyak,” ujar Hudhori, yang juga Kasubag Agama dan Kemasyarakatan Bagian Kesra Pemkab Sidoarjo, Rabu (15/12) kemarin.
Para hafidz ini selain menerima uang saku sebesar Rp3 juta, juga menerima kain seragam batik.
Menurut Hudhori, untuk bisa menerima penghargaan dari Gubernur Jatim ini, seleksinya cukup ketat. Sebab pengujinya dari dewan hakim Nasional.
Di Kab Sidoarjo, jumlah hafidznya pada tahun 2020 ini ada sebanyak 637 orang. Namun dengan seleksi ketat, yang berhasil lolos untuk menerima penghargaan ini sebanyak 210 orang. Penghargaan ini, kata Hudhori sudah berjalan pada tahun yang keempat.
“Untuk hafidz penerima penghargaan dari Gubernur Jatim ini, hari ini, hari pertama kita bagikan,” kata Hudhori.
Penghargaan ini diberikan kepada para hafidz, kata Hudhori, tujuannya selain memberikan apresiasi sebagai penghafal Alquran, juga diharapkan para hafidz bisa terus konsisten dalam mengamalkan ilmunya kepada masyarakat. Dalam mengamalkan dan menyebarkan Alquran, mereka juga diharapkan mempunyai inovasi dan kreativitas tersendiri.
Pemkab Sidoarjo sendiri, lanjut Hudhori, tiap tahun telah memberikan penghargaan kepada para penghafal Alquran yang lolos seleksi. Pada tahun 2020 ini ada sebanyak 637 orang. Dalam tahun 2020 ini mereka mendapatkan penghargaan per orang sebesar Rp4 juta. ”Tahun 2020 ini merupakan tahun yang ketiga,” katanya. [kus]

Tags: