Gula Impor Dalam Sorotan KPPU, PWNU Jatim dan Psikolog Unair

Ramai ramai soroti gula impor secara virtual

Surabaya, Bhirawa
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang ikut hadir pada webinar yang bertajuk Nasib Industri Makanan dan Minuman Jawa Timur di Balik Impor Gula yang diselenggarakan oleh Kelompok Kajian Interdependensi dan Penguatan Komunitas Lokal (KK-IPKL) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga bekerja sama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LAKPESDAM) PWNU Jawa Timur.

Hadir sebagai Pembicara, Ketua KPPU Kodrat Wibowo, Ketua Kelompok Kajian Interdependensi dan Penguatan Komunitas Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Cholichul Hadi, Ketua Asosiasi Pesantren Entreprener Jawa Timur Muhammad Zaki, Direktur Institute for Development of Economics and Finance Tauhid Ahmad dan Ketua Forum Lintas Asosiasi Industri Pengguna Gula Rafinasi Dwiatmoko Setiono serta dimoderatori oleh Pengurus LAKSPESDAM PWNU Jawa Timur Agus Miftahus Surur.

Peraturan Menteri Perindustrian No. 3/2021 yang mengatur tentang izin impor raw sugar hanya diberikan kepada pabrik gula yang didirikan sebelum tahun 2010. Peraturan tersebut dianggap berdampak pada persaingan usaha yang tidak sehat dimana peraturan tersebut mengimplikasikan proteksi pasar pada segelintir pelaku usaha yang mengarah pada kartel distribusi gula rafinasi kepada industri pengguna.

Ketua Forum Lintas Asosiasi Industri Pengguna Gula Rafinasi Dwiatmoko Setiono, pada paparannya menyampaikan bahwa terbitnya aturan Pemerintah tersebut hanya akan memperburuk kondisi usaha di tengah masih merebaknya pandemi Covid-19.[ma]

Tags: