Guru Kab Situbondo Keluhkan Pencairan Gaji Sertifikasi Macet

demo-sertifikasi-guru-suarasulutcomSitubondo, Bhirawa
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo mempertanyakan belum cairnya gaji guru sertifikasi. Pasalnya, sudah tiga bulan ini guru di lingkungan Dinas Pendidikan mulai SD sampai SMA tidak menerima gaji sertifikasi.
Ironisnya lagi, belum dicairkannya gaji sertifikasi, diakibatkan oleh adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BKP), perihal rekening illegal di Dinas Pendidikan. Diungkapkan, Dinas Pendidikan konon memindahkan gaji guru sertifikasi tersebut ke rekening baru di salah Bank ternama tanpa sepengetahuan Pemkab Situbondo.
Rekening illegal itu ditujukan untuk menampung gaji sertifikasi tahun lalu. Akibat temuan BPK ini, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kab Situbondo, tidak berani mencairkan gaji guru sertfikasi untuk tri wulan pertama, yaitu Bulan Januari, Pebruari dan Maret.
Ketua Komisi I DPRD Situbondo, Syaiful Bahri, menilai aneh dugaan adanya rekening illegal di Dinas Pedidikan tersebut. Kata Syaiful, Bupati harus menyelesaikan masalah rekening illegal tersebut, karena gara-gara temuan BPK tersebut telah mengorbankan hak-hak guru sertifikasi.
Tidak hanya itu, imbuh Syaifiul, Bupati harus menyelidiki motif pembuatan rekening di salah Bank, yang disebut-sebut untuk menampung gaji sertifikasi. “Ini sangat mencurigakan, pembuatan rekening tersebut juga berdampak penilaian buruk terhadap pengelolaan keuangan darerah,” tegas politis PKB tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo, Dr Fathor Rakhman Mpd, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya sedang tidak berada ditempat. Setali tiga uang, saat Bhirawa mengirim SMS perihal tersebut juga belum dijawab oleh pria yang pernah menjadi Staf Ahli Bupati tersebut. [awi]

Tags: