Guru SMK Plus NU Dilatih Pengimbasan AKM

Pengawas SMK memberikan bimbingan kepada para guru SMK Plus NU Sidoarjo. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Jelang pelaksanaan AN (Asessment Nasional), SMK Plus NU Sidoarjo mempersiapkan para gurunya untuk dilatih, diberi bimbingan secara teknis terkait pengimbasan AKM (Asessment Kompetensi Minimum). Sehingga bisa memberikan bimbingan kepada peserta didik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Menurut Kepala SMK Plus NU Sidoarjo, Ummu Faizah SPd, pengimbasan AKM ini bertujuan untuk pembuatan soal – soal HOTS (Higher Order Thingking Skills) yang akan diujikan kepada para siswa awal semester kelas IX nanti. Sehingga para siswa nantinya siap mengerjakan soal – soal yang ada.
“Saat ini kami mengajari para guru bagaimana cara membuat soal – soal AKM. Makanya semua guru diikutkan tanpa terkecuali untuk mengikuti bimbingan teknis pembuatan soal – soal AKM ini. Jadi kalau dipersiapakan hingga sekarang, tentu hasilnya akan lebih maksimal,” jelas Ummu.
Semenara itu, pemateri Pengawas SMK, Hasnah SPd MPd selaku Pengawas Ahli Muda Cabdin Wilayah Sidoarjo mengatakan, materi yang diberikan sesuai dengan Bimtek AKM dari Kemendikbud RI, yaitu tentang konsep AN. Selain itu juga tentang survei karakter yang isinya profile Pelajar Pancasila. Juga tentang survei lingkungan belajar, literasi numerasi dan literasi membaca. Selain itu juga memberi contoh cara menyusun pertanyaan literasi dan numerasi, untuk semua Mapel (Mata Pelajaran). Sehingga dalam membimbing siswa jelang persiapan AN itu bisa dilakukan semua guru Mapel
“Jadi tidak hanya didominasi guru matematika dan guru Bahasa Indonesia, serta guru PPKN saja, tetapi semua guru Mapel juga bisa. Mereka juga sangat antusias mengikutinya,” jelasnya, (27/1) kemarin.
Ummu juga menjelaskan, proses pelatihannya dilakukan secara ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Pelatihan dilakukan cukup sederhana, ternyata mereka juga sangat antusias dan bisa melakukannya dengan baik. ”Kalau begini semua Mapel juga bisa,” ungkap Hasnah menirukan para guru yang ikut pelatihan. [ach]

Tags: