Gus Ipul Bantu Penyandang Disabilitas Kota Pasuruan Agar Terus Berkarya

Gus Ipul mendatangi Oemah Craft milik perkumpulan disabilitas di Kota Pasuruan, tepatnya di Kelurahan Kepel, Bugul Kidul, Selasa (25/1) petang. [hilmi husain/bhirawa]

Pasuruan, Bhirawa
Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf akan selalu memprioritaskan hasil karya penyandang disabilitas di Kota Pasuruan untuk dipamerkan dalam setiap kegiatan.

Pihaknya juga memberikan bantuan kepada mereka, supaya terus berkarya.

“Mereka itu (kaum disabilitas) yang kita prioritaskan saat ada kegiatan. Fasilitasi dari pemerintah akan kami tingkatkan serta menjadi prioritas,” ujar Gus Ipul mendatangi Oemah Craft milik perkumpulan disabilitas di Kota Pasuruan, tepatnya di Kelurahan Kepel, Bugul Kidul, Selasa (25/1) petang kemarin.

Menurut Gus Ipul, penyandang disabilitas tidak hanya butuh suport permodalan, namun juga harus disuport proses usai produksi. Termasuk mempermudah perizinan serta bantuan transportasi agar karya mereka bisa mendunia.

“Berdasarkan pengakuan mereka, karyanya itu diminati di mancanegara. Tapi mereka ini mengeluh karena biasa ekspor impor ternyata lebih mahal ketimbang harga karya mereka ini,” kata Gus Ipul.

Bantuan dari Pemkot Pasuruan, lanjut Gus Ipul, untuk menjalankan visi dan misi Kota Madinah khususnya untuk bidang Harmoni Warganya.

“Kebijakan untuk disabilitas ini, menjadi salah satu kebijakan khusus yang harus dikawal,” tegas Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua Komunitas Omah Craft, Mabrur mengungkapkan bahwa perkumpulan disabilitas Kota Pasuruan memiliki tekat yang kuat tetap ingin berkarya dan ingin berproduksi tidak hanya meminta, juga bisa memberikan sesuatu yang berbeda.

“Pada tahun 2009, kami mencoba membuat kelompok usaha bersama. Ahamdulillah saat ini produk kami diminati dan bisa kami kirim ke berbagai daerah bahkan hingga ke mancanegara,” jelas Mabrur.

Produknya berupa lampu hias yang diproduksi saat ini sudah dikirimkan ke Lombok, Kalimatan, Bali, Palembang, Bogor, Cirebon. Bahkan, pada tahun 2021 lalu, Ia juga sempat mendapat pesanan dari luar negeri yakni, Malaysia hingga Singapura.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Pasuruan yang singgah disini. Kami juga berterimah kasih atas uneg-uneg yang selama ini saya simpan, akhirnya direalisasikan sama Gus Ipul,” kata Mabrur. [hil.bb]

Tags: