Hadapi HUT Ke-30, PDAM Tirta Baluran Situbondo Bakal Gelar Baksos

Jajaran karyawan PDAM Tirta Baluran Situbondo saat melakukan baksos dengan menyerahkan sembako kepada warga tak mampu pada HUT tahun 2020 lalu. [Sawawi/bhirawa]

Situbondo. Bhirawa
Menghadapi HUT ke-30 PDAM Tirta Baluran Situbondo yang berbarengan dengan pandemi Covid-19 memastikan tidak akan membuat perayaan yang meriah seperti dua tahun yang lalu. Ini karena, Pemkab Situbondo meminta kepada semua OPD dan BUMD untuk menghindari acara yang rentan dengan terjadinya kerumunan. Sebaliknya, PDAM hanya mengadakan kegiatan bakti sosial dengan cara mengirim langsung kepada penerima bantuan.

Direktur PDAM Tirta Baluran Situbondo Asy’ari SSos mengatakan, peringatan puncak HUT PDAM yang ke 30 tahun 2021 ini sengaja tidak mengadakan kegiatan apapun yang memunculkan keramaian. Namun demikian, aku mantan Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Situbondo itu, hanya mengadakan kegiatan berupa bakti sosial (baksos). “Bentuknya bisa seperti mengantarkan paket bantuan untuk anak yatim yang ada di Kabupaten Situbondo,” ujar Asy’ari.

Tak hanya itu, sebut Asy’ari, menghadapi HUT ke 30 tahun, PDAM Tirta Baluran Situbondo bisa juga mengadakan kegiatan sosial seperti menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga tak mampu yang ada di Kota Santri Situbondo. “Semua itu masih belum disepakati. Hanya saja saya menginginkan perayaan modelnya seperti kegiatan baksos yang saya sebutkan tadi. Sebab Pemkab melalui Satgas Covid-19 melarang membuat acara yang menimbulkan keramaian,” jelas Asy’ari.

Semula, sambung Asy’ari, PDAM Tirta Baluran Situbondo ingin menggelar sebuah kegiatan yang cukup gebyar seperti jalan santai bersama para pelanggan yang ada di Kabupaten Situbondo. Namun karena angka penderita Covid-19 di Kabupaten Situbondo kian bertambah, ujarnya, maka keinginan mulia tersebut diurungkan demi pencegahan penyakit mematikan itu tidak semakin bertambah naik. “Ya ini sepertinya kami lebih condong dengan kegiatan bakti sosial dengan model mengantarkan bantuan kerumah para penerima. Tentunya bantuan yang layak diterima oleh yang berhak mendapatkan bantuan,” kupas Asy’ari.

Sebelumnya, tutur Asy’ari, PDAM Tirta Baluran Situbondo juga sempat membagikan ratusan paket sembako sebagai wujud kepedulian PDAM ditengah terpaan virus corona di Tanah Air dan di Kabupaten Situbondo. Bantuan itu diyakini Asyari dapat mengurangi beban hidup yang ditanggung para pelanggan PDAM tak mampu yang ada di Kabupaten Situbondo.

“Pembagian sembako kala itu disebar mulai dari pelanggan tak mampu yang ada di Kecamatan Banyuputih (wilayah Kabupaten Situbondo paling timur, yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi) hingga pelanggan yang ada di Kecamatan Banyuglugur (wilayah Kabupaten Situbondo paling barat, yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo),” pungkas Asy’ari.[awi]

Tags: