Hadiri Deklarasi JKSN di Malaysia

Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa
Genderang pemilihan presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) 2019 sudah mulai terasa. Para mendukung pasangan capres dan cawapres sudah mulai bergerilya mencari dukungan atau mendeklarasikan dukungan. Salah satunya seperti yang dilakukan Khofifah Indar Parawansa.
Gubernur Jatim terpilih itu menghadiri deklarasi Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) Perwakilan Malaysia, untuk pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Kuala Lumpur, Minggu (21/10). Deklarasi yang dilakukan di Hotel Adamson Chow Kit tersebut dilakukan usai pelantikan tiga ranting Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU Malaysia oleh Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU.
Acara deklarasi diawali dengan istighosah yang dipimpin oleh Pimpinan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto KH Asep Saifuddin, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ‘Yaa Lal Wathon’.
Pelantikan juga diwarnai dengan menyanyikan lagu ‘Jokowi Wae’ (Jokowi Saja) oleh para peserta yang mengenakan baju putih sembari melambai-lambaikan bendera Merah Putih dan bendera JKSN pada tangan kiri serta kanan.
Khofifah mengatakan, Malaysia ingin deklarasi JKSN sehingga beberapa kiai memang ikut hadir dalam deklarasi diantaranya dari Situbondo, Jember, Bondowoso, Sumenep dan Bangkalan. “Masing-masing mereka telah melakukan silaturahmi dengan santri, alumni dan jaringan mereka masing-masing yang ada di Malaysia,” katanya.
Khofifah mengatakan JKSN akan didirikan pada sepuluh provinsi yang padat penduduknya seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan di Pulau Jawa. “Yang sudah terkomunikasikan untuk pendirian JKSN di luar negeri adalah di Malaysia, Taiwan, Hongkong. Kebetulan Kiai Asep lusa akan ke Mesir dan Maroko rupa terkonfirmasi ke mereka sehingga Minggu depan akan ada deklarasi di Mesir dan Maroko, ” katanya. [ant]

Rate this article!
Tags: