Halim dan Kusnadi Bersaing Ambil Posisi Ketua DPRD Jatim

DPRD Jatim, Bhirawa
Rekapitulasi suara untuk caleg DPRD Jatim hampir tuntas dan dipastikan PKB dan PDIP bersaing ketat untuk duduk di kursi Ketua DPRD Jatim. Kabarnya AHalim Iskandar (PKB) dan Kusnadi (PDIP) digadang-gadang untuk duduk di unsur pimpinan DPRD Jatim tersebut, mengingat dalam Pileg 2014 hasil suara PDIP dan PKB di Jatim memiliki selisih tipis sebagai pemenang pemilu.
“Sepertinya dua sosok ini akan bersaing duduk di unsur Ketua DPRD Jatim. Namun untuk pastinya tentunya menunggu hasil real count dari KPU Jatim yang diumumkan pada 23 April 2014. Dari situ nanti dapat ditentukan siapa pemenang Pileg 2014 di Jatim yang layak duduk di Ketua DPRD Jatim,”tegas salah satu sumber di DPRD Jatim yang menolak namanya disebutkan, Senin (21/4).
Tapi menariknya, masih menurut sumber tersebut untuk posisi Ketua DPRD Jatim khususnya dari PDIP masih terjadi tarik ulur antara sosok Kusnadi dengan Bambang DH (mantan Wali Kota Surabaya). Ini karena Bambang DH berpasangan dengan Said Abdullah pernah maju dalam pertarungan Pilgub Jatim 2013, meski akhirnya kalah dengan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).
“Ingat keputusan di PDIP bisa berubah tergantung dari keputusan Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. Karenanya, dalam masalah ini kita masih menunggu. Meski dalam aturannya Ketua dan Sekretaris partai berhak duduk di kursi pimpinan DPRD Jatim seperti yang dialami Sirmadji yang juga Ketua DPD PDIP Jatim,”paparnya.
Tentu saja, pernyataan tersebut langsung dibantah oleh salah satu pengurus DPD PDIP Jatim yang minta namanya tidak ditulis. Menurutnya, sesuai Surat Keputusan (SK) DPP disebutkan jika yang berhak duduk di kursi pimpinan dewan adalah mereka yang dalam kepengurusan duduk sebagai Ketua atau sekretaris. ”Jika keduanya tidak lolos atau naik satu tingkat, maka yang menggantikannya adalah Wakil Ketua,”tegasnya.
Sementara itu untuk posisi Wakil Ketua DPRD Jatim akan diambil oleh Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat. Mengingat hasil perolehan suara sementara untuk DPRD Jatim urutan pertama dan kedua direbut PKB dan PDIP, sedang Gerindra, Golkar dan Demokrat masing-masing menempati urutan ketiga, keempat dan kelima. Sementara posisi pimpinan dewan di DPRD Jatim ada lima.
Untuk Gerindra sendiri rencananya posisi Wakil Ketua DPRD Jatim ditempati Tjutjuk Soenaryo yang saat ini duduk sebagai Ketua FP Gerindra Jatim. Pernyataan ini dikuatkan oleh Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim Faf Adisiswo yang menurutnya untuk posisi Wakil Ketua dari Gerindra akan ditempatkan Tjutjuk Soenaryo. ”Memang beliauanya sudah digadang-gadang oleh partai untuk duduk di posisi Wakil Ketua DPRD Jatim. Selain beliaunya sudah berpengalaman di parlemen sekaligus memiliki kemampuan yang tinggi dalam berorganisasi,”tegas Faf yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim dan kini dalam Pileg 2014 lolos sebagai Anggota DPR RI.
Sedang untuk Partai Golkar, kabarnya Sahat Tua Simandjutak yang juga Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim diplot duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim. Ini tak lain kiprah Sahat di partai cukup besar. Sejumlah acara besar dengan dihadiri oleh Ketua DPP Partai Golkar sukses digelar. Bahkan yang terbaru, saat digelar kampanye akbar di JX International beberapa waktu lalu mampu menghadirkan sejumlah petinggi partai dan dihadiri 25 ribu kader dan simpatisan partai Golkar.
“Saya kira Bang Sahat cocok duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim mewakili yang muda. Apalagi kinerjanya di partai dan dewan cukup bagus. Artinya banyak kerja dan tidak banyak bicara,”tegas salah satu sumber internal Golkar.
Selanjutnya posisi Wakil Ketua DPRD Jatim dari Partai Demokrat akan diisi oleh Achmad Iskandar yang juga Ketua Fraksi Demokrat.”Memang saya melihat figur Pak Is (Ach  Iskandar) cocok untuk duduk di kursi pimpinan dewan, mengingat beliaunya banyak pengalaman. Dan yang penting sangat dekat dengan wartawan,”tegas Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Sugiri Sancoko. [cty]

Tags: