Hambat Virus Corona, Kemenaker Kirim 33.000 Masker Pekerja Migran

Ida Fauziyah secara simbolis serahkan bantuan masker ke Atase Ketenagakerjaan Hongkong, Erga Grenaldi.

Jakarta, Bhirawa.
Mencegah meluasnya penyebaran virus Corona, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah mengirimkan 33 ribu masker bagi pekerja Migran Indonesia di berbagai negara. Seperti ke Singapura, Hongkong, Taiwan, Korselt dan Malaysia. Secara simbolis penyerahan dilakukan kepada Atase Ketenagakerjaan Hongkong Erga Grenalddi, usai melakukan teleconference di kantor Kemnaker-Jakarta.
Menurut Ida Fauziyah, pekerja Migran Indonesia terbanyak berada di Taiwan dan Hongkong. Sedang jumlah Migran Indonesia di Tiongkok sangat sedikit, sehingga disana tidak ditempatkan Atase Ketenagakerjaan. Namun ada PMI yang mengurus kesehatan para Migran disana. Walaupun jumlah PMI disana sedikit, dimintajuga kecil. Ida minta para PMI yang mengawasi dan menjaga kesehatan para Migran, tak melupakan pemakaian masker secara disiplin. 
Ditandaskan, dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona, Kemnaker telah ber koordinasi secara lisan maupun tertulis dengan para Atase maupun Staff dan Kepala Bidang Ketenagakerjaan di 12 negara penempatan. Adapun upaya antisipasi dan preventif yang harus dilakukan Atase Ketenagakerjaan di 12 negara tersebut, yakni penyebaran informasi atau sosialisasi, terkait tindak pencegahan pada para komunitas PMI melalui media sosial.
Tindakan utama yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona, adalah menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan kaki. Memakai masker bila keluar rumah. Menghindari tempat kerumunan atau keramaian dan penggunaan transportasi umum. Menaker minta agar 12 perwakilan RI melakukan koordinasi intensif dengan stakeholder di negara penempatan. [ira]

Tags: