Hampir Final, Tahapan Pembahasan RAPBD 2019 di DPRD Trenggalek

Agus Cahyono

Trenggalek, Bhirawa
Dana transfer dari pusat pada tahun 2020 di Kabupaten Trenggalek diproyeksikan bakal turun . Maka Badan Anggaran (Banggar) berfokus menindaklanjuti pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020 agar bisa segera diparipurnakan.
Usai rapat Pimpinan Banggar Agus Cahyono mengatakan bahwa, dalam pembahasan RAPBD Tahun Anggaran 2020 sudah final, selanjutnya tinggal menunggu di paripurnakan.
“Dari sisi belanja semuanya sudah dibahas di komisi bersama mitra kerja dalam hal ini OPD yang akan menjadi rangkaian pembahasan RAPBD, kata Agus. Selasa (19/11).
Menurut Agus dalam pembahasan RAPBD kali ini kurang menarik, karena tidak berbicara penambahan anggaran, namun berbicara pengurangan dana Transfer dari pusat.
“Jadi prinsipnya Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara ( KUA – PPAS) sudah mendekati final sehinga di pembahasan APBD tinggal finalisasi, pada dasarnya, kali ini kita justru melakukan pengurangan dan itupun sudah melalui sinkronisasi antara komisi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jelasnya.
Dijelaskan Agus dalam tahapan pembahasan rapat Banggar, sudah melalui pembahasan oleh komisi dengan mitra kerja, selanjutnya hasilnya dilaporkan ke Banggar.
“Hasilnya seperti apa, tinggal melanjutkan seperti apa itu dilanjutkan dan disampaikan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk ditindaklanjuti,”
Memang dalam pembahasan antara komisi dan OPD ada selisih, karena ada ketersediaan anggaran. Maka dalam hal ini yang menengahi adalah Banggar dan hasilnya sudah sesuai.
“Dalam tahapan pembahasan RAPBD itu setelah dinotakan disampaikan kepada Bupati, pandangan fraksi, dibahas oleh komisi dengan OPD dan hasilnya itu seperti apa, untuk dilaporkan ke banggar” tandasnya. (Wek).

Tags: