Hanya Modal Semangat

Toni Sugiyanto

Toni Sugiyanto
Hanya bermodal semangat, pada 2019 lalu Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo mampu mendatangi dan memberi penyuluhan seputar bahaya penyalahgunaan narkoba pada sebanyak 500-an sekolah di 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Program itu dinamakan tilik SD atau sekolah dasar.
Kenapa hanya modal semangat?. Karena lembaga pusat yang berada di Kabupaten Sidoarjo yang punya tupoksi masalah Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkoba (P4GN) itu, sebenarnya tidak punya dana dari APBN maupun APBD untuk melakukan kegiatan tersebut.
“Masih bisa tetap berjalan walau tidak di dukung dari APBN maupun APBN, ya karena modal semangat itu tadi,” ujar Kepala BNNK Sidoarjo, AKBP Drs Toni Sugiyanto.
Tidak itu saja, lanjut pria kelahiran Magetan tersebut, ia bersama anak buahnya juga melakukan kegiatan serupa, yang ia sebut tilik pondok pesantren. Menurut catatannya, antara 10 sampai 15 berhasil mendapat penyuluhan masalah P4GN ini.
Menurut mantan Kepala BNNK Kediri itu, semua jenis lembaga perlu mendapat penyuluhan tentang P4GN, sebab saat ini kejahatan Narkoba telah masuk ke semua lini kehidupan masyarakat.
Semangat ini, juga berlanjut pada 2020. Kali ini ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni SMP. Toni, mengaku hadir ke SMP, langsung sebagai inspektur upacara. SMP yang ia kunjungi hanya sampai 70 an saja. Karena, pada Maret, sudah muncul pandemi Covid-19.
“Sejak saat itu, kami hentikan. Karena tidak ada sekolahan yang masuk, karena Covid-19,”ujar mantan Kabid Rehabilitasi BNNK Prov Jatim itu.
Dikatakan Toni, wilayah Kab Sidoarjo rawan terjadinya kejahatan narkoba. Sebab, daerah ini punya pintu gerbang masuk bagi pendatang yang jumlahnya banyak. Misalnya, ada Bandara Juanda, terminal besar Purabaya, stasiun kereta api.
“Pendatang yang masuk, bisa saja sebagai pengedar Narkoba, jualan apa saja di sini akan laku. Maka kita akan berusaha mencegah dan menangkal munculnya kejahatan Narkoba dengan kreatifitas kita,” ujarnya. [kus]

Rate this article!
Hanya Modal Semangat,5 / 5 ( 1votes )
Tags: