Harga Garam Sampang Masih di Bawah HET

23-garamSampang,Bhirawa
Berdasarkan data Disperindagtam Sampang harga garam Sampang produksi tahun 2013 masih dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya masih belum cukupnya infrastuktur yang memadai untuk mengangkut hasil produksi garam di tingkat petani, kemudian kualitas produksi garam petani yang moyoritas garam KW3.
Menurut Kepala Disperindag Sampang, Misdi, instruksi kementerian HET garam sudah ditentukan, yakni untuk garam KW 1 harganya Rp.750, KW 2 harganya Rp.660, dan untuk KW 3 harganya Rp.300 per-kilogram.
Sementara harga garam petani untuk KW3 hanya dihargai Rp.150-Rp.200 perkilogram. Harga garam petani yang masih dibawah HET tersebut, karena biasanya dipotong biaya angkut yang masih jauh dari layak infrastukturnya, misalnya di Desa Marparan Kecamatan Sreseh Sampang, untuk mengangkut garam pembeli harus menggunakan perahu lalu setelah sampai di daratan menggunakan Truk. Selain tingginya biaya angkut tersebut, hasil produksi garam di Kabupaten Sampang kalau di persentase kualitas hasil produksi garam petani, masih banyak yang kualitas garam (KW) 3 sebanyak 70 persen, sedangkan untuk KW 1  hanya 10%, dan KW2 sebanyak 20%.
“Ada beberapa faktor terhadap tingginya hasil produksi petani yang banyak KW 3, diantaranya para petani garam dalam pengelolaan garam ingin cepat-cepat mempunyai hasil produksi yang melimpah sehingga kualitas garam kurang diperhatikan, kemudian saat ini pengelolaan garam masih banyak dilakukan langsung diatas tanah sehingga garam saat panen masih bercampur tanah, sedangkan untuk pengelolaan garam dengan menggunakan geo membrane (menggunakan terepal) masih sedikit.jelasnya.
Masih dikatakan Misdi, dari segi potensi Kabupaten Sampang merupakan salah satu Kabupaten di Jatim yang terbesar untuk mensuplai kebutuhan garam Nasional dengan prosentasi 30 Persen, dengan luas lahan tambak garam di Kabupaten Sampang 450.000 hektar. Namun potensi ini masih belum diimbangi dengan kualitas hasil produksi garam di Kabupaten Sampang. [Lis]

Tags: