Harus Selalu Update

Dra Ema Sumiarti MSi

Dra Ema Sumiarti MSi

Tiga bulan berselang, beragam aktivitas baru dijalani Dra Ema Sumiarti MSi yang saat ini duduk sebagai salah satu pejabat eselon tiga di Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim. Tugas barunya sebagai Kepala UPT Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) menuntutnya selalu aware dengan berbagai jenis Teknologi Informasi (TI) yang begitu cepat berkembang.
Di antara segudang tanggung jawabnya, salah satu yang paling utama ialah bertanggung jawab terhadap informasi publik di satuan kerjanya. Karena sifat informasi yang selalu update, dia pun tertuntut harus selalu update. “Setiap pagi, bangun tidur sekitar pukul 03.30, saya langsung cek informasi yang tersedia di website klinik pendidikan,” kata perempuan asal Singosari Malang belum lama ini.
Hal itu dia lakukan untuk memastikan, apakah website yang dikelola para stafnya sudah dilakukan pembaharuan? Sebab, dia sudah punya komitmen bersama para stafnya agar selalu ada informasi yang baru setiap hari untuk dipublikasikan. Maklum, banyak website, khususnya milik pemerintah yang hanya bisa diakses tapi informasinya itu-itu saja selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. “Ini juga perintah bapak (Kepala Dindik Jatim Dr Harun MSi) agar informasi di klinik pendidikan itu terus baru,” kata perempuan yang lulus SMA dengan program akselerasi itu.
Update informasi ini menjadi semakin intens, apalagi dunia pendidikan kini selalu disibukkan dengan berbagai program. Seperti Kurikulum 2013, Ujian Nasional, Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai info lainnya.
Selain informasi, lulusan Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga ini juga tengah berusaha keras membangun model pendidikan online di Jatim. Salah satunya ialah dengan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan untuk melatih kompetensi guru dan siswa. PJJ ini disiarkan melalui radio streaming. “Yang mengakses sudah banyak. Khususnya mata pelajaran Kimia, Sejarah dan Biologi, yang mengakses bisa sampai Jerman, Australia dan Malaysia,” kata dia.
Beragam tanggung jawab itu, diakuinya cukup menyenangkan. Sebab, sejak awal dia memang cukup dekat dengan perkembangan teknologi.  Asal tahu sebelum mengambil program S1 Sastra Inggris, dia sempat mengambil program keahlian D1 Programer. Sehingga pekerjaan yang dia geluti saat ini telah sesuai dengan kompetensinya. “Dulu saya selalu berdoa agar bisa mendapatkan kerja yang sesuai kompetensi keahlian saya. Dan sekarang saya bersyukur doa itu sudah terjawab,” pungkas dia. [tam]

Rate this article!
Harus Selalu Update,5 / 5 ( 1votes )
Tags: