Hero Brands Diharap Bisa Tingkatkan Penjualan Online Brand Partner

Teks: Hero Brands merupakan strategi marketing ala Lazada untuk meningkatkan penjualan online brand partner.

Surabaya, Bhirawa
Platform digital kini menjadi salah satu kanal retail pilihan untuk meningkatkan hasil penjualan dengan menawarkan kemudahan akses dan fleksibilitas bagi konsumen. Meskipun prosentase retail online baru mencapai 2,4% dari total pasar retail, namun potensinya sangat menjanjikan.
Tahun 2017 telah tercatat kenaikan mencapai 1,5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Dan kesempatan yang dihadirkan platform digital ini menarik berbagai pihak, termasuk para brand untuk memperluas pasar secara online, antara lain dengan memiliki situs e-commerce sendiri.
Untuk itu sejak 2016, Lazada Marketing Solution (LMS) menawarkan solusi strategi marketing online bagi brand untuk mengelola sendiri “toko online”nya di platform Lazada. Melalui LMS brand tidak lagi perlu merintis toko onlinenya dari nol, brand juga dapat menyesuaikan tampilan dan pesan yang disampaikan sesuai target konsumen yang diinginkan.
“Saat ini, LMS tengah meluncurkan program terbaru bernama Hero Brands, melalui kolaborasi bersama brand, agency dan para entrepreneur muda program ini bertujuan untuk memposisikan brand sebagai pilihan belanja premium bagi para konsumen Lazada melalui exposure lebih tinggi di halaman depan Lazada, media sosial, dan Customer Relationship Management (CRM),” ungkap Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia, Achmad Alkatiri saat dikonfirmasi Bhirawa, Kamis (11/1) kemarin.
Achmad Alkatiri menambahkan dengan Hero Brands diharapkan melalui program ini page view (PV), net merchandise value (NMV) dan item yang terjual dari brand meningkat secara signifikan melebihi non Hero Brands.
“Menghubungkan brand , agency dan para entrepreneur muda dalam program Hero Brands ini, merupakan salah satu inisiatif Lazada yang diharapkan dapat melibatkan sebanyak mungkin stakeholder ekonomi digital untuk berkolaborasi bersama dan saling menguntungkan. Diharapkan ekosistem ini dapat turut berkontribusi dalam perekonomian digital Indonesia,” terangnya.
Hal ini sejalan dengan komitmen Lazada untuk mendukung pemerintah Indonesia mewujudkan target ekonomi digital Indonesia sebesar US$130 miliar pada tahun 2020 mendatang. Sebelumnya LMS juga dapat membantu brand mengenal dan membentuk engagement yang paling sesuai untuk masing-masing target konsumen untuk meningkatkan penjualan.
Salah satu contoh keberhasilan LMS membantu brand adalah saat salah satu brand dari perusahaan FMCG ternama berhasil mencapai 5x lipat kenaikan penjualan produk premium baby carenya pada saat kampanye Online Revolution 2017 dibandingkan dengan hari biasa tanpa kampanye.
“Melalui Shop-in-Shop atau offi cial store brand tersebut dan juga main page Lazada, brand dapat mengedukasi konsumen tentang produk mereka dengan lebih strategis sehingga kini mereka memiliki pelanggan setia yang rutin melakukan pembelian berkala produk premium baby care baik di situs Lazada maupun aplikasinya. Melalui onsite placement produk tersebut mendapat rata-rata impresi 1,9 juta dengan konversi ke kunjungan sebesar 61% setiap harinya,” urainya. [riq]

Tags: