Hina Bupati, Dua Ormas Laporkan Pemilik Akun ke Polisi

Didampingi Ketua PC GP Ansor dan DKC Garda Bangsa Kabupaten Tuban, Zuhri Ali yang juga anggota DPRD setempat saat menunjukkan salah satu bukti berkas setelah melapor di Satreskrim Polres Tuban. [Khoirul Huda]

Tuban, Bhirawa
Tak terima nama Bupati Tuban H Fathul Huda di lecehkan dan dihina di Facebook, sejumlah Organinasi Kemasyarakatan (Ormas) kepemudaan, dalam hal ini Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan DKC Garda Bangsa Tuban melaporkan pemilik akun facebook Sai Mo, ke Mapolres Tuban, Senin (24/2).
Sai Mo, pemilik akun tersebut dilaporkan ke aparat penegak hukum lantaran dinilai telah melecehkan Bupati Tuban, menyamakan dengan hewan dalam komentarnya disebuah group facebook Media Informasi Orang Tuban (MIOT), pada Minggu (23/2) malam.
“Kami dari GP Ansor dan Aliansi Pemuda Millenial datang ke Mapolres Tuban untuk melaporkan pemilik akun Sai Mo terkait dengan ujaran kebencian,” Kata Ahmad Ja’far Ali Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tuban di Mapolres.
Ahmad Ja’far Ali menjelaskan, sebagai seorang santri pihaknya mengaku tidak terima dengan apa yang disampaikan oleh akun Sai Mo yang menghina Mustasyar PC NU Tuban yang juga sebagai Bupati Tuban. “Kami tidak terima dengan apa yang disampaikan oleh akun Sai Mo” tandas pria yang akrab disapa Gus Affa itu.
Lebih lanjut, upaya hukum ini juga sebagai bahan pembelajaran kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan Sosmed serta untuk menjaga marwah Bupati Tuban sebagai kepala daerah. “Ini juga sebagai pembelajaran kepada masyarakat, agar dalam bermedsos mejaga etika dan tatakrama atau ada ketimuran,” imbuhnya.
Dia menambahkan, dalam pelaporan itu pihaknya membawa sejumlah berkas Barang Bukti berupa screenshoot pernyataan dari akun Sai Mo yang dilontarkan di kolom komentar salah satu group Facebook warga Tuban.
Sementara itu, terkait adanya laporan tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Yoan Septi Hendri. Ia mengungkapkan saat ini masih proses penyelidikan lebih lanjut. “Laporan telah kami terima dan masih proses lidik,” pungkasnya.
Untuk diketahui, pernyataan akun Sai Mo yang dilaporkan tersebut berawal dari postingan dari akun Ozie Sam yang bertuliskan ‘Sayangilah rakyat Kecilmu pak. Nyawa kami Cuma satu” jaga nama baik kota kita.#Tuban [hud]

Tags: