Hindari Pelanggaran, Prajurit dan PNS Kodim 0815/Mojokerto Disuluh Hukum

Danramil dan prajurit serta ASN. Kodim mojokerto mendapat penyuluhan hukum dari Kakum Korem 082/CPYJ Mojokerto

Mojokerto. Bhirawa
Agar terhindar dari Pelanggaran dalam setiap gerak dan langkah, sejumlah Prajurit & PNS Kodim 0815/Mojokerto,dan Koramil jajaran mendapat suluhan hukum dari Kumrem 082/CPYJ. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dandim 0815. Letkol. Inf. Dwi Mawan Sutanto, di Aula Makodim 0815. Kota Mojokerto, Selasa (23/3).

Dalam sambutan pembukanya, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., menegaskan, kegiatan penyuluhan hukum bagi Personel Militer dan PNS AD Kodim 0815/Mojokerto sangat diperlukan guna menambah wawasan prajurit dan PNS AD.

“Penyuluhan hukum ini merupakan program komando atas yang dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahun anggaran, dengan tujuan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik sehingga prajurit dan PNS AD menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara terlebih sebagai aparatur negara harus menjadi contoh dan teladan dalam penegakan hukum,” ungkapnya.

Lebih lanjut alumnus Akmil tahun 2000 menambahkan,Tujuan penyuluhan hukum ini, untuk mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh dan taat hukum serta menghormati hak azasi manusia”.

Untuk itu harapan kami , dengan semakin gencarnya penyuluhan hukum diharapkan para prajurit dan PNS AD, semakin mengetahui dan memahami serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

“Ingat keberhasilan suami/istri tak luput dari dukungan dan peran istri/suami maupun anak-anak. Pandai-pandailah bersyukur dan menikmati anugrah yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sekali lagi harapan kami, “Dengan semakin memahami dan melek hukum, maka segenap Prajurit dan PNS AD Satuan Kodim 0815/Mojokerto, terhindar dari permasalahan hukum serta tidak ada yang melakukan pelanggaran hukum”,jelas Dandim,

Sementara itu, Kepala Hukum (Kakum) Korem 082/CPYJ Mayor Chk Yopi Wahyu Susilo, S.H., M.H., dalam materinya memaparkan definisi dan pengertian hukum, jenis-jenis hukum serta hukum dan perundang-undangan yang berlaku di lingkungan militer serta kiat-kiat khusus untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Perihal Bantuan Hukum bagi setiap prajurit, PNS AD dan keluarganya serta proses penyelesaian perkara disiplin dan pidana bagi prajurit dan PNS AD, tak luput dari penjelasan Kakumrem.

Diakhir ceramahnya, Kakumrem berpesan, dengan semakin meningkatnya kasus perceraian, agar para prajurit dan PNS AD menjaga keharmonisan rumah tangga serta menghindari segala jenis tindak pidana, karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri, keluarga dan menurunkan citra satuan.jelas Kakum. (min)

Tags: