Hobi Fotografi

Hizbul Wathon

Hizbul Wathon

Setiap orang pasti memiliki hobi. Terkadang berkat hobinya itu bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang banyak. Begitu pula dengan Drs H Hizbul Wathon, Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Provinsi Jatim yang memiliki hobi fotografi. Berkat hobinya itu pula, ia dapat mempermudah dokumentasi kerja yang harus disimpan dengan baik.
Hizbul menceritakan, sejak kecil ia memang senang dengan seluk beluk fotografi. Pertama kali memiliki kamera saat masih duduk kelas dua SMP. Kamera yang dimilikinya bermerek Olympus yang didapat dari rombengan. Itupun ia beli dari uang saku yang dikumpulkan sedikit demi sedikit.
“Waktu saya berhasil punya kamera itu, semua saya foto. Mulai dari semut, bunga, gunung hingga lautan tak luput dari bidikan kamera saya. Meski kamera manual, hasil dari bidikan kamera saya lumayanlah untuk seorang pemula,” katanya.
Hobi fotografi itu pun berlanjut hingga Hizbul menjadi seorang PNS. Saat bertugas di Dinas Pariwisata Provinsi Jatim, hobinya itu pun sangat dibutuhkan. Hampir semua kegiatan harus didokumentasikan dengan baik. Terlebih objek-objek pariwisata yang eksotis harus diambil gambarnya, yang selanjutkan dipublikasikan.
“Dulu teman-teman wartawan televisi sering saya kirimi gambar dan video. Karena mereka tidak bisa ikut liputan ke daerah-daerah yang memiliki objek wisata, saya yang mengambil gambar lalu saya kirim ke wartawan. Kami bekerjasama dan saling menguntungkan. Wartawan dapat berita objek wisata, saya dapat publikasi,” katanya.
Tak hanya pandai membidik objek, Hizbul juga pandai trik-trik pengambilan gambar yang memiliki efekĀ  tertentu. Meski kamera waktu itu masih kualitas jadul, tapi berkat trik yang dimilikinya gambar tampak lebih berbeda. “Saya waktu itu bisa mengambil gambar seolah-olah itu gambarnya dobel, tapi tidak dobel. Kalau sekarang cukup diedit dengan photoshop sudah bisa,” terangnya.
Hizbul mengaku, sebenarnya dia adalah orang yang gaptek (gagap teknologi). Namun karena mau belajar dan mempelajari teknik-teknik kamera, akhirnya bisa menghasilkan gambar yang bagus. “Dunia fotografi itu unik dan menyenangkan. Banyak hasil bidikan unik saya yang masih tersimpan,” pungkasnya. [iib]

Rate this article!
Hobi Fotografi,5 / 5 ( 1votes )
Tags: