HPN 2022, Pelukis di Jombang Apresiasi Peran Wartawan

Para pelukis dari KOPI Jombang tengah melukis di depan Kantor PWI Jombang memperingati HPN 2022. (arif yulianto/bhirawa).

Jombang, Bhirawa.
Peran wartawan di Jombang yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jombang mendapatkan apresiasi dan kado istimewa dari komunitas pelukis di Jombang yang tergabung dalam Komunitas Pelukis (KOPI) Jombang, Rabu (09/02).

Kado tersebut berupa lukisan yang dibuat oleh Komunitas Pelukis (Kopi) Jombang dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang jatuh setiap tanggal 9 Februari.

Di depan Kantor PWI Jombang, para pelukis menorehkan cat berbagai warna di atas kanvas hingga membentuk sebuah obyek lukisan yang indah dan menawan.

Salah seorang pelukis bernama Sugeng Hartobi (42), mengatakan, dirinya bersama puluhan temannya sengaja melukis di depan PWI Jombang dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yamg jatuh pada 9 Februari 2022.

“Sebenarnya ini mendadak. Saya diberitahu oleh Pak Eko sesepuh KOPI untuk mengadakan acara melukis dengan tema HPN di Kantor PWI Jombang. Waktunya hanya dua hari harus mengumpulkan teman-teman (pelukis),” kata dia.

Menurut pelukis yang akrab disapa Tobi itu mengatakan, karena di hari-hari efektif ada juga yang mungkin berhalangan hadir.

Kemudian untuk tema lukisan yang dibuat ini yaitu ‘Harmoni Kata dan Warna’. Karena menurutnya, wartawan dan pelukis sama-sama melukis.

“Maksudnya, wartawan melukis dengan kata-kata, sedangkan kami melukis dengan media cat dan kanvas. Jadi kan sama-sama senimannya. Cuma beda media. Wartawan melalui untaian kata, yang kadang lebih indah dari pada lukisan,” ujar Tobi.

Terkait profil lukisan yang dibuat oleh dirinya, Tobi mengungkapkan, jika lukisan yang dibuat merupakan seorang Tokoh Pers Tirto Adhi Soerjo (Raden Mas Djokomono).

“Bahan yang saya gunakan yaitu kain kanvas, kuas, akrilik dan tempat sandaran lukis. Dan dalam menyelesaikan satu lukisan, saya membutuhkan waktu sekitar tiga jam,” bebernya.

Tobi menjelaskan, hasil karya lukisan para pelukis dari KOPI Jombang tersebut rencananya nanti akan diserahkan ke PWI Jombang.

“Kemarin saya sudah janji, bersama teman-teman lukisan ini kami serahkan ke PWI,” ucapnya.

Tobi berharap, seniman lukis di Jombang bisa teris eksis bisa sampai nasional dan global.

“Kami juga berterimakasih kepada Pemkab Jombang yang memberikan tempat dan apresiasi, welcome dengan keberadaan kami,” tutupnya.(rif.hel)

Tags: