Hujan Angin Robohkan Tiang Listrik di Sukodono Sidoarjo

Sidoarjo, Bhirawa.
Udara panas yang menyengat Minggu (20/11) siang, tak lamas berubah menjadi mendung gelap menyelimut kawasan Sidoarjo. Disusul Hujan angin menerpa kawasan desa klopo sepuluh, Sukodono menyebabkan tiang listrik nyaris roboh.

Perubahan cuaca amat drastis di Sidoarjo. Mulai pagi hingga siang udara terasa mat panas. Suhu mencapai 31-32 derajat Celcius. Namun jam 3 mendung gelap datang diiringi angin semilir. Udara panas berubah menjadi sejuk.

Hujan angin melanda kawasan kecamatan Taman, Gedangan dan Sukodono. Di desa Klopo Sepuluh terjadi hujan lebat pukul 15.30 dibarengi angin kencang. Kotak kayu milik warga terbawa angin sampai di jalan. Dan yang mencekam tiang listrik yang dekat rumah warga bergerak- gerak. Dan akhirnya miring nyaris menimpa rumah warga.

“Tolong petugas cepat datang pak, tiang listri ini membahayakan warga bila masih ada arusnya” ujar Sutono, warga Klopo Sepuluh. Tiang listrik yang nyaris ambruk itu dekat dengan masjid di jalan raya. Hujan angin juga menerpa kecamatan Taman. Belum jelas apakah ada bangunan warga yang rusak.

Anehnya hujan hanya di Sidoarjo bagian barat. Sedangkan bagian timur hanya mendung gelap saja. Hingga pukul 16.30 belum turun hujan. Meski mendung udara terasa panas.

Dari kejadian ini tercatat 10 rumah rusak ringan dan 10 tiang listrik roboh serta dua tiang miring.

hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan di RT 10, RW 04 dan 4 rumah di RT 04, RW 02.

Salah satu warga yang sempat dimintai keterangan pada Minggu (22/11/2020), warga Desa Klopo Sepuluh RT 10, RW 02 mengungkapkan, kejadian hujan disertai angin kencang itu berlangsung tidak sampai 5 menit.

“Saat kejadian warga sekitar banyak yang takut karena ada tiang listrik yang rusak dan roboh. Akibatnya kabel listrik berkleweran di jalan,” katanya.

Sementara itu menurut Adi Heriyanto selaku Manager ULP PLN Kota Sidoarjo mengatakan, akibat hujan disertai angin kencang. Ada 3 tiang listrik yang rusak. Diantaranya satu tiang roboh dan dua tiang miring.

“Meski ini masuk wilayah Surabaya barat, namun Kita berusaha semaksimal mungkin untuk membantu. Ada sekitar 25 personil dari PLN Sidoarjo dibantu dengan sarana dua mobil gangguan, satu unit skylive dan satu unit mobil crane yang dikerahkan untuk mengatasi tiga tiang bermasalah. Diperkirakan ada ratusan rumah yang padam dan targetnya malam ini tiang listrik harus menyala,” kata Heri.(hds)

Tags: