Hujan Lebat Lumpuhkan Perumahan Wisma Tropodo Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo, Bhirawa.
Genangan air akibat hujan lebat yang turun Minggu (27/12) sore masih terlihat di kawasan Waru dan sekitarnya. Di perumahan Wisma Tropodo, Keluh Permai, perkampungan Tropodo masih ada genangan setinggi lutut.

Hujan yang mengguyur mulai jam 16 menimbulkan banjir yang melumpuhkan Lalin di jalan raya Tropodo dan perumahan. Di wisma Tropodo dan keluh Permai paling parah. Banyak pengguna motor yang tidak berani melanjutkan perjalanan karena banjir setinggi ban mobil.

Banyak motor yang mogok. Mobil pun berjalan merambat. Sementara di jalan raya, terjadi kemacetan luar biasa kendaraan dari arah selatan menuju utara. Kendaraan dari Juanda atau Sedati yang menuju ke Pondok Candra nyaris tidak bergerak. Gara – garanya ada genangan air yang cukup dalam di mulut perumahan Kepuh Permai . Mobil kecil tidak berani lanjut hingga membuat kendaraan di belakangnya merambat.

Jumain, warga desa Wadungasri, mengatakan kondisi banjir kali ini kemungkinan disebabkan naiknya air laut yang menahan air dari darat tidak bisa masuk laut. Air hujan akhirnya masuk kawasan perumahan dan perkampungan di sekitar hilir yakni desa Tambaksumur, tambaksari, Tambakrejo, termasuk desa Tropodo.

Bahkan sampai pagi tadi jalan menuju kawasan industri Desa Tambaksawah juga lumpuh. Karyawan pabrik yang naik motor tidak berani menembus jalan yang sudah digenangi air setinggi ban mobil tersebut. Mencari jalan alternatif juga berkeping banjir. Kali cantel dan kali Reformasi tidak mampu menampung air hujan sehingga meluber ke pemukiman. (hds)

Tags: