Hujan Lima Jam Lebih, Satu Rumah Tertimpa Longsor

????????Tuban, Bhirawa
Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Soko, dan sekitarnya selama kurang lebih 5 jam pada akhir tahun 2014 kemarin malam, membuat satu bangunan rumah di Desa Klumpit, Kecamatan setempat rusak parah akibat tanah disekitar bangunan megalami longsor dan menimpa bangunan rumah tersebut.
Rumah yang rusak parah tersebut adalah milik, Munadi (74) yang berada tepat disisi tanah longsor. Beruntung meski rumahnya hancur dan sebagian besar barang didalamnya ikut rusak, seluruh anggota keluarganya selamat tanpa cidera apapun.
Menurut Munadi, sebelum longsor, hujan deras mengguyur selama kurang lebih lima jam didaerah itu, sesaat setelah hujan secara tiba-tiba disamping rumah Mundai, longsor dan menimpa bangunan rumah bagian belakang miliknya. “Awalnya hujan sekitar lima jam, dari jam 4 sore kemaren, kemudian tanah disini longsor dan kena rumah saya,” kata Munadi (1/1).
Untunglah saat kejadian Munadi sedang berada di kamar mandi yang berada di samping rumah, sementara anggota keluarga yang lain sedang berada di rumah bagian depan yang tidak kena longsoran. “Saya gak tahu tiba-tiba ada suara gemuruh, saat itu saya di kamar mandi, untung saja keluarga ada diruang bagiaan depan yang aman dari longsoran,” terang Munadi.
Sementara itu, Kepala Desa Klumpit, Sakurahman yang mendapatkan laporan musibah menimpa warganya langsung berkordiniasi dengan warga lain untuk bergotong royong menyelamatkan rumah Munadi yang longsor, dibantu Anggota TNI dan warga, rumah munadi dibersihkan dan rencananya akan dbangun kembali dari sisa puing yang masih dapat digunakan. “Setelah mendaatkan laporan kami bersama anggota TNI langsung kesini, dan mudah-mudahan masih dapat diselamatkan dan dapat dibangun kembali dengan sisa bangunan yang ada,”Kata Kepala Desa Klumpit.
Akibat musibah itu, kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta lebih karena kerusakan terjadi hampir menyeluruh, selain itu, perabotaan dan peralatan rumah tangga mengalami kerusakan. “Kerugian ditaksir 100 juta lebih, sebab rusak parah perabotan juga rusak,” pungkas Kades Sakurahman. [hud]

Caption Foto : Warga sekitar rumah Munadi dibantu anggota TNI saat membersihkan puing-puing rumah setelah tertimpa longsor akibat hujan yang sangat lebat. (Khoirul Huda/bhirawa)

Tags: