Hujan Timbulkan Bencana di Pamekasan

Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Waru mengakibatkan tanah longsor sehingga jalan antar Desa Waru Barat dengan Waru Timur terputus, sepanjang 8 meter. Tampak petugas memotong pohon tumbang di depan SMPN 1 Waru. [Syamsudin]

Pamekasan, Bhirawa
Suasana menyambut datangnya peralihan Tahun 2020, kondisi ketertiban dan keamanan di wilayah Pamekasan cukup terkendali. Namun guyuran hujan, Selasa malam (31/12) mendatangkan bencana, khususnya di wilayah Kecamatan Waru.
Hujan berintensitas sedang di wilayah tersebut, sejak pukul 17.00 wib sampai pukul 05.00 ini mengakibatkan tanah longsor sehingga jalan antar Desa Waru Barat dengan Waru Timur terputus, sepanjang 8 meter.
Supervesor Pusdalop BPBD Pamekasan, Budi Cahyono menjelaskan, longsor tanah menutupi jalan Desa itu, agar bisa dilalui kembali, pihaknya berkordinasi dengan Muspika dan Kepala Desa setempat, besok (Kamis, 2/1) akan dilakukan tanggap darurat.
“Peristiwa pada pagi hari, di Dusun Kendal, Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, juga melongsorkan tebing tanah sampai menghayut Kompresor di Bengkel milik Pak Hadi. Namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa. “Robohya pagar beton halaman di Waru karena diterpa air bah yang datang dari Tebing arah selatan kantor Pusat pelayanan kesehatan ini,” ucap Budi dihubungi Harian Bhirawa, via telpon, Rabu (1/1).
Menurutnya, pecahan beton jatuh ke arah jalan dan pohon akasia yang tumbang persis di depan SMP 1 Waru, yang menghalangi arus lalu lintas sudah dievakuasi aparat TNI-Polri dan BPBD bersama masyarakat.
Semetara, Kondusif malam jelang Tahun Baru 2020, pihak Polres Pamekasan sudah mengantisipasi sejak awal, yakni menempatkan aparat gabungan di beberapa pintu masuk kota Pamekasan untuk menghalau konvoi kendaraan.
Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari mengatakan, ratusan personel tersebut akan disebar di berbagai Pos Pengamanan (Pos Pam), seperti tempat ibadah, di titik-titik jalan serta beberapa obyek vital dan tempat wisata yang akan dijadikan tempat oleh warga dalam merayakan malam Tahun Baru 2020. “Pengamanan ini dilakukan agar perayaan pergantian tahun dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” tandasnya.
Djoko Lestari, mantan Kasubdit 2 Ditreskrimum Polda Jatim, pada pukul 19.00 Wib pada Selasa malam (31/12), langsung memberi pengarahan kepada petugas gabungan pada gelar pasukan di Taman Arek Lancor Pamekasan. [din]

Rate this article!
Tags: