Ida Fauziyah: Pelatihan Kerja di BLK Dibuka Kembali Awal Tahun 2021

Jakarta, Bhirawa.
Awal Januari 2021 ini, Kementerian Tenagakerjaan membuka kembali Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), untuk mempersiapkan tenaga keja kompeten dan berdaya saing. Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah yang tersebar di beberapa provinsi, mulai merekrut PBK dengan keburukan masing-masing. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan secara hybrid, yakni perpaduan antara kurung (offline) dan secara daring (online). 

“Awal tahun 2021 ini, akan dibuka kembali Pelatihan kerja, khususnya di BLK-BLK milik pemerintah /Kemnaker. Namun mengingat masih pandemi Covid-19, pelatihan akan dilaksanakan secara hybrid, untuk mencegah penyebaran virus Corona, ” ujar Menaker Ida Fauziyah, Kamis (14/1).

Dikatakan, tahun 2021 ini, merupakan tahun pemulihan. Oleh sebab itu, pelatihan kerja dan peningkatan kompetensi, harus digenjot agar kualitas maupun kapasitas angkatan kerja, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Selain ke pasar kerja, pelatihan kompetensi juga menyasar bagi para angkatan kerja yang ingin ber-wirausaha secara mandiri.

“Dampak pandemi telah memukul perekonomian Indonesia bahkan dunia. Diharap kan tahun 2021 ini menjadi momentum tahun pemulihan. Oleh karena nya, pelatihan berbasis kompeten, memegang peran penting agar suply angkatan kerja dapat terserap di pasar kerja. Serta mampu berdaya saing, baik di dunia kerja maupun dalam ber-wirausaha,” tandas Ida.

Seperti diketahui, kemudian di BLK, meliputi teknik otomatis, manufaktur, las, pengolahan hasil pertanian dan perikanan, woodworking, teknologi informasi dan komunikasi, design grafis, refrigeration dan teknik listrik, industri kreatif, bahasa, menjahit dan sejumlah pelatihan lainnya.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktifits (Binalattas) Kemnaker Budi Hartawan menjelaskan; Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan di BLK, dapat mendaftar melalui Platform Digital SISNAKER di kemnaker.go.id  Atau dengan mengunduh aplikasi SISNAKER di Google Play Strore.

“Selain itu, masyarakat yang berdomisili di sekitar BLK, bisa datang langsung ke Kios3in1 yang terdapat di masing-masing BLK,” ujar Budi Hartawan.

Disebutkan, di SISNAKER ada informasi lembaga pelatihan dan program pelatihan di BLK seluruh Indonesia. Baik BLK pemerintah pusat, BLK Pemda maupun BLK Komunitas. Terdapat pula berbagai macam jurusan pelatihan di lembaga pelatihan swasta dan training Center milik industri.

Informasi mengenai pelatihan kerja, juga bisa didapatkan di Web resmi Kemnaker dan BLK setempat. Serta akun media sosial resmi Kemnaker dan BLK.

Sebagai informasi, saat ini terdapat 305 BLK di seluruh Indonesia. Dengan perincian, 23 BLK UPTP milik Kemnaker/pemerintah pusat. Sisanya BLK UPTD dibawah pengelolaan Pemda provinsi, kabupataen/kota. [ira]

Tags: