Imbas OTT di Sidoarjo, Tiga OPD Terancam Tidak Gajian

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin saat memberikan sangat jajaran Dinas PU BM dan SDA. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Pasca OTT (Operasi Tangkap Tangan) yang dilakukan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) kepada Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan jajaran Pemkab Sidoarjo, ternyata berimbas terhadap gaji seluruh jajaran OPD yang terkena OTT tersebut, yakni Dinas Kominfo/sebelumnya Kepala ULP, Dinas PU Bina Marga dan SDA serta pegawai Kecamatan Porong yang Camatnya juga terkena OTT Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo.
Ketiga OPD tersebut hingga kini belum ada petugas atau pimpinan yang ditunjuk sebagai Plt (Pelaksana tugas), sehingga tidak ada petugas yang melakukan tandatangan untuk pengajuan anggaran mengeluarkan gaji pegawai, tunkin maupun tunjangan uang makan.
Untuk bulan ini/Januari 2020 gaji pegawai terancam molor, karena Plt Bupati Sidoarjo juga belum menunjuk petugas yang bertanggungjawab jalannya roda pemerintahan di OPD tersebut.
Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin akan mengisi Plt di tiga petinggi OPD tersebut. Ia juga mengaku secara resmi belum melakukan koordinasi dengan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) Sidoarjo.
“Jadi akan secepat mungkin untuk memprosesnya. Tapi menurut saya bukan sekedar tunkin dan tunjangan lainnya. Tetapi justru yang kami tekankan program pelayanan itu tetap berjalan dengan baik. Apalagi dengan urusan lelang itu juga bisa berjalan dengan lancar dan baik. Maka tidak ada acara lain, kecuali harus segera mengisi jabatan tersebut. Jadi, kami akan tetap berjalan dengan cepat selama aturannya membolehkan,” terang Nur Ahmad Syaifuddin, kamis (22/1).
Ia juga menjelaskan untuk lancarnya roda pemerintahan Kabupaten Sidoarjo, program yang sudah di susun di dalam RKA (Rencana Kerja Anggaran) dan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) semuanya bisa berjalan sesuai dengan skedul yang ada. “Jadi itulah harapan saya, semuanya akan saya laksanakan dengan segera senyampang aturannya membolehkan,” pungas Nur Ahmad Syaifuddin. [ach]

Tags: