Importir Narkoba Cina Dijerat Pasal Berlapis

3-Tertunduk lemas, Zeng Qiuyun alias Lisa (37) terdakwa narkotika didakwa pasal berlapis oleh Jaksa Penuntut Umum Kejati Jatim, Selasa (2,12). AbednegoPN Surabaya, Bhirawa
Zeng Qiuyun alias Lisa (37), tertunduk lemas usai Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim mendakwanya dengan tiga pasal sekaligus. WNA asal Cina ini didakwa atas kepemilikan 28 butir pil ekstasi dengan berat 27,5 gram dan 4 gram zat ketamin.
Didampingi Penasehat Hukum dari Kantor Hukum Ugroseno and Partners, terdakwa yang tinggal di Fuhjing Cina ini terlihat serius mendengarkan surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Oleh JPU Djoko Susanto dan Amelia dari Kejati Jatim, terdakwa Lisa dijerat dengan pasal berlapis.
Dalam dakwaan pertama, terdakwa Lisa dijerat dengan  tuduhan sebagai importir Narkoba. Perbuatan Lisa dianggap melanggar  Pasal  113 ayat 2 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika. “Dalam dakwaan ke dua, perbuatan terdakwa melanggar Pasal 114 ayat 2 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan dakwaan ke tiga melanggar  Pasal 112 ayat 2 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” terang Jaksa Djoko saat membacakan dakwaannya, Selasa (2/12).
Atas dakwaan tersebut, terdakwa Lisa melalui Sendi Wenas selaku Penasehat Hukumnya dari Kantor Hukum Ugroseno and Partners akan mengajukan perlawanan. Sendi meminta kepada Majelis Hakim yang diketuai Manungku, untuk merubah Jadwal persidanganya.
“Kami ajukan eksepsi dan memohon kepada Majelis Hakim supaya jadwal persidangan selanjutnya dirubah hari,” ujar Sendi Wenas pada Hakim Manungku.
Atas permintaan itu, Hakim Manungku menunda persidangan ini dan dilanjutkan setiap hari Rabu. “Mengabulkan permintaan terdakwa, dan merubah jadwal persidangan menjadi hari rabu,” tegas Hakim Manungku.
Sekedar diketahui, peristiwa ini bermula pada 17 Juli 2014 silam, saat itu penggagalan narkotika ini dilakukan atas kerjasama Custom Narkotika Team (CNT) dan Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai Juanda. Usai dilakukan pemantauan atas seluruh paket kiriman asal luar negeri, petugas mencurigai salah satu paket.
Setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan X-Ray, barang yang rencananya akan dikirim ke Apartemen Darmo Permai itu berisi 2 kartu bridge (remi) yang dibungkus aluminium foil. Usai dialukan pengembangan, diketahui Apartemen Darmo Permai tersebut sebagai tempat tersangka tinggal, sebelum dirinya pindah ke Jl Raya Kupang Jaya 125.
Setelah memastikan barang haram itu memang pesanan Lisa. Tak berapa lama, petugas langsung meringkusnya. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan petugas adalah paket warna coklat berisi 28 butir pil ekstasi dengan berat 27,5 gram dan 4 gram zat ketamin, HP, dua kotak kartu blist dan paspor milik terdakwa, dan 1 kotak kartu nama. [bed]

Keterangan Foto : Tertunduk-lemas-Zeng-Qiuyun-alias-Lisa-37-terdakwa-narkotika-didakwa-pasal-berlapis-oleh-Jaksa-Penuntut-Umum-Kejati-Jatim-Selasa-212.-[abednego/bhirawa]

Tags: