Ingin Bekerja di Pabrik Rokok, Pemkab Pameksan Fasilitasi Pelatihan

Plt Kepala Dinas PMPTSP Naker kabupaten Pamekasan, Supriyanto, S.Sos

Pamekasan, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, benar-benar ingin meningkatkan taraf ekonomi masyarakatnya di tengah pandemi covid-19 dengan aneka program. Salah satu pelatihan gratis bagi masyaraka yang ingin bekerja di pabrik rokok.

Program menuju rakyat sejahtera, menurut Supriyanto, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan, mereka (masyarakat, Red) dapat mendaftar ke instansinya atau melalui fasilitator wira usaha baru (WUB) di tingkat Desa.

Untuk itu, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan pabrik rokok dalam mengadakan pelatihan bagi masyarakat dan petani tembakau secara khusus apabila ingin menjadi buruh di pabrik rokok. “Ini pelatihan untuk calon pekerja pabrik rokok, buruh tani kita yang ingin bekerja di pabrik rokok itu dilatih. Kita rencanakan begitu untuk petani yang ingin menjadi buruh di pabrik rokok,” kata Supriyanto.

Dengan target 220 peserta dengan 12 paket pelatihan. Para peserta akan dilatih mulai proses awal pembuatan rokok hingga finishing atau packaging. Sehingga mereka benar-benar siap ketika nantinya bekerja di pabrik rokok. “Peserta akan langsung latih di pabrik rokok yang kita kerjasamakan. Nanti kita upayakan yang telah mengikuti pelatihan diturunkan di beberapa pabrik rokok di Pamekasan,” tandas mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pamekasan.[din]

Tags: