Inovasi Rapor Online

kadispendikDr Ikhsan
Surabaya, Bhirawa
Rapor online yang baru diluncurkan Surabaya pada 2013 lalu ternyata sudah bisa menuai prestasi. Layanan publik yang digawangi oleh Dinas Pendidikan (Dindik) itu masuk dalam 15 inovasi pelayanan publik terbaik Kementerian Aparatur Negara (Kemenpan).
Kepala Dindik Surabaya Ikhsan mengatakan, saat ini siswa dan orangtua bisa memanfaatkan internet untuk memantau hasil evaluasi belajar siswa. Rapor online ini berbentuk deskripsi dalam memberikan penilaian kepada siswa, sehingga para orangtua dan guru dapat dengan mudah memantau perkembangan pendidikan seorang siswa di sekolah.
Untuk melihat nilai rapor, para orangtua bisa mengakses dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di menu website profil sekolah.dispendik.surabaya.go.id. “Nanti akan kita ubah alamat websitenya menjadi raporku.net  supaya lebih mudah masuknya,” tutur Ikhsan, Senin (19/5).
Rapor online Dinyatakan sebagai 15 inovasi terbaik Kemenpan ini karena mampu menyisihkan 500 lebih inovasi terbaik dari seluruh kota/kabupaten di Indonesia. Dari 500 nominasi itu, rapor online Surabaya masuk 199 terbaik kemudian disaring lagi menjadi 33 dan akhirnya masuk 15 inovasi pelayanan publik terbaik. Dia mengatakan, keberadaan rapor online dianggap sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan.
Ikhsan menambahkan, terobosan ini merupakan langkah yang dibuat Surabaya untuk menyambut penerapan kurikulum 2013 secara serentak pada 2014 ini. Dalam kurikulum 2013, kata Ikhsan, selain nilai hasil belajar para siswa, para guru  jugawajib memberikan narasi deskripsi. “Saat ini sistem dan server sudah siap,” katanya.
Selain memberikan narasi deskripsi hasil belajar mengajar, jumlah data nilai yang harus dimasukkan dalam rapor mencapai ratusan. Untuk jenjang SD ada sekitar 250 data yang harus dimasukkan, SMP-SMA data bisa mencapai 450 data. Sehingga jika dilakukan secara manual maka akan berat, karena itu dibuat inovasi untuk memudahkan proses penilaian hasil evaluasi belajar siswa.
Rapor online, lanjut Iksan, tak hanya berlaku bagi sekolah negeri tapi juga akan diterapkan sekolah swasta di Surabaya. “Secara berkala, kami akan melatih guru dan kepala sekolah SD hingga SMA untuk memasukkan data pada rapor online berdasarkan kurikulum 2013,” tandasnya. [tam]

Rate this article!
Inovasi Rapor Online,5 / 5 ( 1votes )
Tags: