Inovasi Sekolah Darlink Orkestra

Dr Imam Jawahir, SPd M.Pd.

Oleh
Dr Imam Jawahir
Kepala SMA Negeri 4 Sidoarjo.

Inovasi pengembangan sekolah merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh Kepala sekolah beserta komponen guru dan tenaga pendidik.Dengan segala keterbatasan dimasa pandemi hal yang tidak mudah untuk melakukan inovasi pengembangan sekolah. Namun tetap harus melakukan sesuatu yang berdaya guna bagi pengembangan dan seefektif mungkin agar sekolah tetap eksis bahkan melebihi dari kondisi normal.

Komitmen dan perjuangan tidak mengenal lelah harus terpancarkan dari sosok pimpinan lembaga sekolah. Sesulit serta serumit apapun pengembangan lembaga sekolah harus dilakukan oleh komponen sekolah agar sekolah melewati hadangan masa pandemi dan mampu naik level yang lebih tinggi dari kondisi sebelumnya.

Dalam rangka menaikkan grade atau menaikkan level sekolah dimasa Pandemi Covid-19 hal-hal yang harus dilakukan yaitu pengembangan Model Inovasi Darlink Orkestra yang bermakna Digitalisasi Audio Vidio Radio Link and Macth Olah Raga Kesenian dan Ketrampilan. Dengan pengembangan model Inovasi sekolah melalui Darlink Orkestra diharapkan mampu menggerakkan semua lini proses pembelajaran interaktif dan budaya literasi peserta didik menjadi efektif dan kompetebel.

Digitalisasi pada kegiatan proses pembelajaran daring yaitu menggunakan Learning Manajaemen System (LMS) Microsoft office 365 atau platform pembelajaran yang lainnya. Guru dan siswa berinteraksi proses belajar mengajar secara daring atau online melaui Teams, Zoom, Gogle meet, dll. Materi pembelajaran dapat dikemas menjadi media pembelajaran interaktif sehingga memudahkan siswa belajar dan mengembangkan cara berpikir kritis. Soal Formatif sumatif berbasis AKM dapat dikemas dalam LMS yang praktis serta varian soal lebih variatif. Demikian juga modul ajar bisa dijadikan flibook. Tugas siswa diberikan dan diskusikan melalui paltform pembelajaran.

Audio Vidio merupakan media pembelajaran interaktif yang sangat membantu belajar siswa tanpa batas waktu dan lokasi. Hasil rekaman vidio di upload ke youtube dimanfaat sebagai media interaktif dalam belajar mengajar. Guru melakukan rekaman atau live youtube di studio Televisi sekolah kemudian hasilnya share youtube link dibagikan ke seluruh siswa juga ditempelkan di webb sekolah. Belajar murah tanpa batas waktu dan tempat belajar dapat dilakukan oleh siswa. Kecakapan komunikasi siswa lebih terasah setiap saat.

Radio digital lebih bermanfaat dalam dunia pendidikan. Peran Radio sebagai media pembelajaran interaktif bagi peserta didik dapat menghasilkan generasi muda kreatif serta cakap komunikasi. Studio Radio menambah khasanah belajar belajar lebih menarik dan interaktif bagi guru dan siswa. Radio yang dikemas dalam bentuk Podcast sangat interkatif ketika proses belajar berlangsung. Teman sebaya lebih komunikatif bagi peserta didik ketika dalam memahami materi ajar dan lebih fleksibel. Komunikasi dua arah bahkan dari berbagai arah dalam diskusi bidang keilmuan tertentu bakal lebih membawa suasana yang kondusif. Tentunya Radio dapat dijadikan pilihan utama sebagai media pembelajaran interkatif dimasa pandemi Covid-19.

Link and Match sangat dibutuhkan dalam setiap lembaga terutama lembaga pendidikan. Keberhasilan pengelolaan sekolah terlepas dari link and match yang berorientasi pada pengembangan networking atau menjalin jejaring. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan secara intens dan berkesinambungan harus dilakukan oleh lembaga sekolah. Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri membawa dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Dengan mengenal lebih dekat perguruan tinggi yang diidolakan atau dicita-citakan sebagai perguruan studi lanjut maka tumbuh kekuatan besar untuk menggapai kesuksesan masa depan siswa. Kerjasama dengan DUDIKA sangat dibutuhkan bagi lembaga sekolah yang hirarkinya telah menyiapkan peserta dididik menjadi tenaga ahli terampil di dunia kerja atau dunia industri. Kerjasama dengan Instansi yang menaungi ketenaga kerjaan juga lebih pas secara proposional. Link ke ekonomi kreatif juga membawa dampak positif bagi pengembangan pemuda berkarya dibidang wirausaha dan bisnis online berbasis digitalisasi berpotensi berkembang pesat dimasa pandemi seperti saat ini.

Olah Raga prestasi merupakan sektor yang krusial di dunia modern untuk dikembangkan di lembaga sekolah. Melalui kegiatan ekstra kurikuler olah raga yang dikemas dan dikembangkan menjadi olah raga prestasi membawa dampak perubahan positif gaya hidup. Olah raga prestasi disekolah dapat juga dikembangkan melalui olah raga non populer sehingga siswa dapat memperoleh prestasi lebih cepat selama menjadi peserta didik. Sertifikat juara sebagai bukti prestasi yang diperoleh dapat digunakan sebagi modal untuk mengikuti seleksi ke perguruan tinggi melalui seleksi jalur prestasi olah raga.

Kesenian adalah materi pembelajaran yang sangat digandrungi oleh siswa bahkan dijadikan impian masa depan yang sangat menjanjikan. Banyak musisi hebat berlatar belakang dari panggung sekolah. Banyak artis terkenal hidup berkecukupan berasal dari ajang bakat seni di sekolah. Selayaknya sebuah lembaga sekolah memberikan peluang bagi siswa untuk berkiprah melalui bidang seni. Orkestra adalah perpaduan berbagai alat musik yang dikemas dengan elok menghasilkan suara emas dan karya seni yang tak ternilai harganya. Seni menghasilkan orang hebat pada jamannya. Seni menampilkan jiwa korsa tangguh berkarakter kuat.

Ketrampilan dikembangkan sesuai bakat dan latar belakang kehidupan siswa. Life skill berorientasi kecakapan hidup sangat diperlukan bagi peserta didik. Pelatihan bidang Vokasi memberikan bekal dan jaminan kelangsungan masa depan lebih baik. Bidang kejuruan membekali peserta didik menjadi seorang profesional muda sesuai bidang kejuruan masing-masing. Sekalipun sekolah berbasis akademik sepertihalnya SMA, seharusnya tetap memberikan materi pelajaran bidang vokasi. Berbagai kemasan materi pelajaran vokasi dapat dilatihkan ke peserta didik. Hal yang harus dijadikan catatan khusus bahwa tidak semua siswa memproyeksikan dirinya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Salah satu penyebabnya diberlakukan PPDB berbasis Zonasi. Tidak ada salah jika sekolah memberikan bekal ketrampilan kepada siswa sehingga bisa membantu mengelola masa depannya.

———- *** ———-

Rate this article!
Tags: