Ipam Karangpilang Eror, Separo Wilayah Surabaya Krisis Air

Surabaya,Bhirawa
Seharian kemarin separo wilayah kota Surabaya mengalami krisis air bersih, akibat terhentinya pasokan air dari PDAM Surya Sembada pada para pelanggan. Sampai dengan pukul 17.00 WIB sejumlah wilayah mulai Surabaya barat , Surabaya Timur bahkan sampai kawasan pelabuhan Tanjung Perak dan sekitarnya belum mendapatkan pasokan air bersih PDAM.
Dalam rilis kepada wartawan , Selasa(7/3) pagi, PDAM menyebut mecetnya pasokan air ke pelanggan akibat kerusakan di Instalasi PDAM Karang Pilang.  Tepatnya dikarenakan adanya gangguan di panel induk Ipam Karangpilang 1,2,dan 3 .
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Sunarno membenarkan adanya gangguan tersebut disebabkan adanya perbaikan listrik padam di IPAM Karang Pilang 1,2, dan 3.
“Iya ada gangguan, masih dalam perbaikan mohon maaf,” katanya melalui pesan singkat kepada wartawan, kemarin.
Sementara, Manager Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada Surabaya Ari Bimo mengatakan, listrik padam ini hanya terjadi di wilayah IPAM Karangpilang. Sehingga sangat berpengaruh dengan operasional IPAM untuk mengaliri air ke pelanggan di wilayah Surabaya.
“Perbaikan dilakukan oleh petugas IPAM Karangpilang dan dibantu oleh petugas dari PLN,” katanya.
Sampai saat ini, lanjut Bimo, perbaikan panel induk di Ipam Karangpilang 1 dan 2 sudah selesai dilakukan dan membutuhkan waktu normalisasi selama kurang lebih 6 jam. “Cepat atau lamanya normalisasi juga tergantung jauh dekatnya lokasi rumah pelanggan dengan Ipam Karangpilang,” jelasnya.
Sedangkan Ipam Karangpilang 3 masih dalam perbaikan dan membutuhkan waktu selama 4 jam. Wilayah yang terdampak perbaikan Ipam 3 ini diantaranya Ahmad Yani, Gayungan, Ketintang, Siwalankerto, Rungkut, Kebonsari, Injoko dan Bulak Banteng.
“Sebelum tengah hari nanti (kemarin, red) diusahakan selesai. Kendala pengecekan panel ini memang harus hati-hati. Yang mengerjakan teknisi PDAM karena di internal yang terganggu,” ujar dia.
Meski begitu, PDAM Kota Surabaya telah menyiapkan mobil tangki untuk mensuplai air bersih kepada pelanggan yang aliran air bersihnya mampet. “Kami tetap menyediakan mobil tangki untuk mensuplai air kepada para pelanggan,” ujarnya.
Anggota Komisi B, Ahmad Zakaria dikonfirmasi membenarkan tentang macetnya pasokan air PDAM ke palnggan akibat kerusakan di Instalasi Karang Pilang. Zakaria dalam kesempatan dikonfirmasi kemarin sore  menyebut wilayah yang tidak menerima pasokan air PDAM sudah menyentuh area Surabaya timur seperti Rungkuta , Sukolilo bahkan sampai dengan wilayah Perak.
Menurutnya masalah kerusakan di instalasi listrik di Ipam Karangpilang sudah  terjadi sudah berulang kali. Mestinya , lanjut Zakaria , antisipasinya sudah disiapkan, tidak bolak balik gangguan distribusi lama jika listrik mati.
Dengan demikian, katanya,  Pemkot harus evaluasi struktur belanja modal dan investasi PDAM Surya Sembada, dalam rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) PDAM.,”Harusnya PDAM bisa responsif masalah jika  ada kejadian gangguan distribusi dengan cepat,” tegasnya..
Menurutnya, seharusnya belanja modal dan investasi PDAM yang tiap tahun dianggarkan tinggi bisa  mengatasi gangguan distribusi akibat kejadian instalasi listik di Ipam Karangpilang yang sudah berulang kali terjadi.
Sementara anggota Komisi C bidang Pembangunan, Vinsensius Awey menyoroti lambannya antisipasi PDAM untuk mengatasi kerusakan instalasinya. Menurut Awey yang juga mantan manajer operasional salah satu pabrikan furniture ini, kerusakan akibat listrik seperti yang dialami Ipal Karangpilang merupakan technical error yang seharusnya bisa cepat diantisipasi.
“Kalau SOPnya baik, seharusnya technical eror bisa segera diatasi,” terangnya. [Gat.geh]

Tags: