Irdam V Brawijaya Apresiasi Penerapan Prokes di Tulungagung

Brigjen TNI Arie Subekti bersama Bupati Maryoto Birowo dan Forkopimda Tulungagung saat monitoring penerapan prokes di Terminal Gayatri Kota Tulungagung, Kamis (4/2).

Tulungagung, Bhirawa
Inspektorat Komando Daerah (Irdam) V Brawijaya, Brigjen TNI Arie Subekti, melakukan monitoring pelaksanaan operasi displin penerapan protokol kesehatan (prokes) di Kabupaten Tulungagung, Kamis (4/2). Ia menilai pelaksanaan prokes di Kota Marmer sudah baik.

“Disiplin warga Tulungagung sudah baik. Tadi saya lihat di terminal dan pasar,” ujarnya saat bersama Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dan Forkopimda Tulungagung mengunjungi Terminal Gayatri Tulungagung, Pasar Rakyat Gondang dan meninjau lokasi bencana banjir di Kecamatan Campurdarat, Kamis (4/2).

Menurut Jenderal bintang satu ini jika pun ada warga yang belum menerapkan prokes secara ketat hanya sebagian kecil saja. Itu pun ketika mereka makan atau merokok. “Satu dua saja yang tidak disiplin memang karena makan atau merokok. Kita ingatkan,” tuturnya.

Brigjen TNI Arie Subekti selanjutnya mengaku melakukan monitoring ke Kabupaten Tulungagung setelah dari Kediri dan akan meneruskan perjalanan ke Trenggalek dan Ponorogo. “Ada perintah dari panglima untuk melakukan pengawasan (prokes) di wlayah Korem 081/DSJ Madiun,” bebernya.

Selain itu juga ia menyebut dalam masa perpanjangan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap kedua sudah ada perintah dari Mabes TNI untuk melaksanakan operasi pendisiplinan prokes.

Sementara itu, terkait bencana alam di Kabupaten Tulungagung, Brigjen Arie Subekti, memastikan aparat TNI selalu akan membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam. “Tiap Kodim sudah ada organosasinya untuk membantu penanggulangan bencana. Kami selalu siap siaga dan harus selalu hadir dalam penanggulangan bencana,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Maryoto Birowo, yang juga selalu meminta warga Tulungagung untuk menerapkan prokes secara ketat, mengatakan untuk penanganan bencana alam TNI dan Polri selalu hadir. Bahkan ditandaskannya Brigjen TNI Arie Subekti hadir pula melakukan peninjauan bencana di Tulungagung bersama Forkopimda setempat. “Semua turun langsung. Termasuk Irdam V Brawijaya,” katanya.

Soal bencana banjir di beberapa titik di sejumlah kecamatan, Bupati Maryoto Birowo, mengungkapkan karena saat ini sudah banyak hutan yang gundul. “Harus ada reboisasi,” tukasnya.

Sementara soal dana untuk penanggulangan bencana, ia menyebut sudah ada anggaran belanja tidak terduga (BTT). Selain juga dana anggaran dari BPBD Kabupaten Tulungagung. (wed)

Tags: