Istri Kepala BNPB Jatim Beri Bantuan Pengungsi APG Semeru

Istri Kepala BNPB, Uke Suharyanto (kiri) didampingi Sekretaris BPBD Jatim, Suharlina Kusumawardhani bersenda gurau dengan anak-anak di pengungsian APG Semeru, Kamis (13/1).

BPBD Jatim, Bhirawa
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim terus meninjau penanganan pasca APG (Awan Panas Guguran) Gunung Semeru. Salah satunya dengan memastikan pemenuhan kebutuhan bagi warga yang tinggal di pengungsian.

Guna meninjau hal tersebut, istri Kepala BNPB, Uke Suharyanto didampingi Sekretaris BPBD Jatim, Suharlina Kusumawardhani dan Kasubbag Keuangan BPBD Jatim, Mery Nurcahyani bertolak ke Lumajang, Kamis (13/1). Bertempat di Balai Desa Pasirian, Uke Suharyanto memberikan bantuan kepada pengungsi APG Semeru.

“Alhamdulillah, semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak APG Gunung Semeru,” kata Uke Suharyanto.

Uke menjelaskan, bantuan ini tidak hanya diberikan kepada pengungsi APG Semeru. Namun bantuan ini juga diberikan kepada anggota TNI yang bertugas di lokasi Huntara (hunian sementara). Dengan harapan bisa membantu kebutuhan petugas selama bertugas di lokasi hunian sementara.

Ditambahkannya, bantuan ini merupakan wujud simpati BNPB, BPBD maupun stakeholder terkait. Khusunya untuk membantu warga yang terdampak erupsi. Sehingga setidaknya dapat sedikit meringankan beban para warga korban erupsi Gunung Semeru.

“Walaupun ini (bantuan) tidak menyelesaikan, tapi kiranya bantuan ini bisa diterima dengan baik,” ungkapnya.

Tak hanya memberikan bantuan, pihaknya juga mengunjungi area relokasi hunian sementara. Adapun lokasi yang dituju istri Kepala BNPB ini terletak di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Kemudian meninjau lokasi SMP 1 Candipuro.

“Sesuai informasi, Huntara ini akan dibangun di dua tempat. Yaitu di Desa Sumberwujur, Kecamatan Candipuro dan Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. Semoga secepat mungkin bisa selesai, sehingga bisa ditempati warga terdampat APG Semeru,” pungkasnya. [Bed.gat]

Tags: