ITN Borong Enam Medali di Ajang Kejuaraan Nasional Taekwondo

Para Mahasiswa ITN meraih prestasi disaat pandemi.

Kota Malang, Bhirawa
Pandemi Covid 19 tidak menjadi penghalang untuk tetap berprestasi. Ini dibuktikan oleh mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo berhasil meraih enam medali dalam Maluku Nasional Poomsae and Speedkicking Taekwondo Championships 2021.
Pada kejuaraan yang digelar pada 24 hingga 25 April 2021 lalu itu, para mahasiswa meraih tiga emas, dua perak, dan satu perunggu. Para mahasiswa itu, Reva Nabila Putri meraih perunggu di kelas Senior Female Speedkicking, Ahmada Itmamunnafi’ meraih medali perak di kelas Senior Male Speedkicking, Rocky Abraham Yunior Tuka meraih emas di kelas Senior Male Speedkicking, M. Fikri Ardiansyah meraih emas di kelas Senior Male Poomsae Taegeuk, Khansa’ Ade Taqqiyah meraih emas di kelas Senior Female Poomsae Taegeuk, dan Bernika Natasya Ifada meraih perak di kelas Senior Female Poomsae Taegeuk.
Rocky Abraham Yunior Tuka, salah seorang mahasiswa peraih emas mengaku bersyukur bisa menorehkan prestasi. Meskipun ada beberapa kendala yang dialaminya sebelum mengikuti kompetisi, lantaran dalam kondisi pandemi. Di kelas speedkicking ini, Rocky harus memperagakan sejumlah tendangan dalam waktu satu menit.
“Waktu latihannya sangat mepet, kami baru bisa berlatih sekitar tiga minggu sebelum lomba, jadi harus benar – benar mempersiapkan kondisi fisik,” ujar mahasiswa asal Kupang ini, Selasa (27/4) kemarin.
Pandemi Covid-19 membuat pertandingan secara tatap muka digantikan dengan sistem online. Dimana setiap peserta diwajibkan untuk mendokumentasikan video kemudian diunggah ke media sosial YouTube. Meskipun mereka mengakui jika lebih senang jika mengikuti kompetisi secara luring.
“Jadi para peserta melakukan gerakan – gerakan tendangan dan jurus kemudian direkam dan diupload. Panitia perlombaan melakukan verifikasi dan menyiarkan secara live video yang sudah dikirimkan,” jelasnya.
Mahasiswa yang juga Ketua UKM Taekwondo ITN Malang ini bersyukur, rekan-rekannya bisa mendulang prestasi di berbagai perlombaan. Sejak ia memimpin UKM Taekwondo tahun 2018 lalu, timnya selalu mampu mendapatkan juara di setiap perlombaan yang diikuti.
“UKM ini potensial mendulang prestasi. Nanti dua bulan ke depan kami berencana mengikuti turnamen internasional. Sehingga ke depan kami harus semakin rajin berlatih akurasi pukulan, seni dan meningkatkan kondisi fisik teman – teman,” tandas mahasiswi Teknik Geodesi ini.
Menanggapi prestasi mahasiswa ini, Kepala Humas ITN Malang, FX Ariwibisono mengaku jika pihak kampus patut berbangga, karena ITN tak hanya mampu berkiprah di bidang teknologi, namun juga bidang olahraga.
“Selain secara pribadi, pihak pimpinan kampus tentu mendukung UKM ini agar terus meningkatkan prestasi demo keberlanjutan taekwondo di masa mendatang. Dengan mahasiswa berprestasi bisa mengangkat citra ITN di masa mendatang,” tuturnya.
Ke depan, pihaknya akan berkomunikasi dengan pimpinan ITN melalui Wakil Rektor III terkait dukungan bagi mahasiswa berprestasi ini. ”Kami berharap ada sinergi dengan mahasiswa baik dalam bentuk fasilitas khusus, dukungan atau bahkan bantuan pendidikan khusus bagi mahasiswa berpestasi yang mampu mengangkat nama baik kampus,” tandasnya. [mut]

Tags: