ITS Sediakan 6 Ribu Dosis Vaksin untuk Civitas Akademika dan Alumni

Selain tinjau pelaksanaan vaksinasi di ITS, Wagub Emil juga serahkan alat-alat kesehatan dan vitamin secara simbolis kepada Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari.

Wagub Emil Serahkan Bantuan Khusus Alat Kesehatan dan Vitamin
Surabaya, Bhirawa
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sediakan 6 ribu dosis vaksin untuk civitas akademika, alumni dan warga disekitar lingkungan kampus. Vaksinasi akan berlangsung selama empat hari, mulai Sabtu (31/7) hingga Selasa (3/8) besok ini didukung penuh Ikatan Alumni (IKA) ITS, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), dan Rumah Sakit Husada Utama (RSHU).
Di hari kedua, kegiatan ditinjau Wkail Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak. Dalam kesempatan ini, Emil menyampaikan apresiasinya atas upaya ITS dalam mempercepat jangkauan vaksinasi, khususnya di Jawa Timur.
“Kegiatan vaksinasi (di ITS) sudah berjalan baik dan lancar. Sinergi antara IKA ITS, RSUA dan RSHU merupakan bentuk dari upaya perlindugan dan peningkatkan produktivitas akademisi di kala pandemi,” ungkap dia, Minggu (1/8).
Pada kesempatan ini, Emil juga menyerahkan bantuan khusus secara simbolis kepada ITS. Bantuan diserahkan langsung kepada Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng berupa alat-alat kesehatan seperti sprayer elektrik, disinfektan, masker kain, pakaian hazmat, sarung tangan karet, hand sanitizer, face shield, kacamata, vitamin C, sepatu karet, thermometer gun, timba dan dudukan cuci tangan.
Koordinator Tim ITS Siap Vaksin, Herdayanto Sulistyo Putro menuturkan, kegiatan vaksinasi ini juga sekaligus memperingati Dies Natalis ke-61. Karenanya, banyak lebih banyak elemen yang dilibatkan dibanding program vaksinasi ITS pada Maret lalu.
“Kami menyediakan total 6 ribu dosis vaksin berjenis Sinovac dengan persediaan per harinya sebanyak 1.500 dosis,” tutur lelaki dengan sapaan Danang ini.
Perwakilan IKA ITS, Ermawan Wibisono, yang turut hadir dalam gelaran vaksinasi ini menyampaikan, keterlibatan IKA ITS merupakan bentuk pengabdian alumni kepada masyarakat khususnya di lingkungan ITS.
“Tidak hanya warga ITS, vaksinasi hari terakhir juga akan ditujukan bagi masyarakat umum di sekitar lingkungan ITS yang terdaftar,” ungkap alumnus Departemen Teknik Kelautan ITS ini.
Lebih lanjut, persyaratan peserta vaksinasi harus berusia minimal 12 tahun serta wajib membawa fotokopi KTP, lembar informed consent, lembar skrining, memo vaksinasi, dan bukti terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.
“Kelengkapan berkas dapat diakses di link pendaftaran vaksinasi ITS yang telah disediakan,” tambah Danang.
Untuk alur vaksinasi, peserta akan mendapat nomor antrean lalu diarahkan ke loket pengecekan berkas dan mengisi formulir vaksinasi. Selanjutnya, peserta melakukan skrining awal seperti cek tekanan darah dan suhu tubuh sebelum dilakukan vaksinasi.
“Panitia menyediakan ruang khusus bersekat bagi peserta vaksinasi yang membutuhkan, terutama bagi yang berhijab,” lanjut Danang.
Sementara itu, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng berharap, vaksinasi ini dapat segera membentuk imunitas kelompok di lingkungan ITS dan sekitarnya. ”Bila vaksinasi sudah merata, diharapkan kegiatan ajar – mengajar dan penelitian di ITS dapat dilaksanakan lebih awal,” harapnya. [ina]

Tags: