IUWASH Monitoring Kinerja P3M di Sidoarjo

Kartika Herawari mendapat penjelasan dari Kabag Humas dan Kasubbag P3M. [achmad suprayogi/bhirawa]

Kartika Herawari mendapat penjelasan dari Kabag Humas dan Kasubbag P3M. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Guna melihat hasil capaian program kerja IUWASH (Indonesia Urban, Water, Sanitation, and Heygen) di Kab Sidoarjo, Rabu (25/3) kemarin, Perwakilan dari IUWASH Jakarta, Kartika Herawati melakukan monitoring, sekaligus survei lokasi ke Kantor P3M (Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat) Kab Sidoarjo. Sebab P3M selama ini telah dimanfaatkan sebagai media lokal untuk pengembangan pelaksanaan program kerja IUWASH.
Menurut Kartika Herawati, monitoring dan evaluasi ini dilakukan untuk melihat sejauh mana manfaat dan fungsi yang didapat masyarakat. Karena akanĀ  menjadi target program sebelum masa kerja IUWASH berakhir, yakni tahun 2016 mendatang.
IUWASH sudah berupaya membantu Pemerintah Indonesia meraih kemajuan untuk mencapai MDG’s melalui perluasan akses terhadap air bersih, dan layanan sanitasi yang aman. Untuk wilayah Jatim IUWASH bekerja di 12 kabupaten, salah satunya Kab Sidoarjo.
Untuk pelaksanaan program IUWASH di Kab Sidoarjo telah ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Sidoarjo, Saiful Illah SH MHum dengan Chief of Party IUWASH – USAID tentang pengelolaan air perpipaan dan sanitasi tahun 2011.
Kasubbag P3M, Muhammad Rofik SSos MM pada kesempatan itu menjelaskan, kini P3M telah menyediakan layanan yang mudah diakses masyarakat. Layanan itu antar lain, kotak pengaduan yang dipasang di depan Kantor P3M, melalui internet dan layanan yang terbaru bisa diakses melalui android. ”Kami akan merasa sangat senang, seandainya IUWASH Jakarta mengundang kami kesana guna sharing pengembangan media lokal dengan kabupaten – kabupaten lain penerima bantuan dari IUWASH,” pintanya.
Menanggapi permintaan itu, Kartika Herwati mengatakan kedepannya akan mencoba share lagi hasil kinerja dari masing – masing kabupaten penerima bantuan dari IUWASH. ”Lebih baiknya lagi ada rating bagi kabupaten yang kinerjanya bagus ditampilkan dalam website,” katanya.
Monitoring dan evaluasi yang dilakukakan IUWASH Pusat, melalui wawancara dengan Kabag Humas dan Protokol, Kasubbag P3M serta staf yang menangani pengaduan Kab Sidoarjo. Juga meninjauan langsung ke Media Center dan Ruang Pelayanan P3M. Herwati mengaku merasa pas dengan metode dan cara kerja yang diterapkan P3M Sidoarjo.
Sejauh ini pelaksanaan program IUWASH untuk membantu menyediakan air bersih bagi masyarakat miskin perkotaan di Kab Sidoarjo tak mengalami kendala, semua berjalan lancar, mulai dari sosialisasi program hingga pelaksanaan program. ”Hasilnya sudah dinikmati oleh warga miskin perkotaan, diantaranya adalah di Kec Sidoarjo di Kelurahan Celep dan Lemah Putro, beberapa desa di Kec Taman dan lain sebagainya,” tambah Rofik. [ach]

Tags: