Jabatan Direktur PDAM Kota Batu Berakhir Januari

PDAM Kota BatuKota Batu, Bhirawa
Masa jabatan Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Batu, RM Zainul Arifin akan habis Januari 2015 mendatang. Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10/2008 tentang Direksi dan Pegawai PDAM, masa jabatan direktur maksimal dua periode. Namun demikian, Jinung sapaan akrab Zainul Arifin masih berpeluang diperpanjang karena jabatan periode pertamanya dahulu masih belum mengacu kepada Perda tersebut.
Anggota Dewan Pengawas PDAM, M Ridwan mengatakan, untuk rekrutmen direktur baru PDAM akan dibentuk tim seleksi dan dibuka pendaftaran secara terbuka. Namun demikian karena Walikota Batu Eddy Rumpoko belum membentuk tim seleksi, maka jadwal seleksinya belum dibuat.
“Kita sudah laporkan bahwa masa jabatan direktur PDAM akan berakhir Januari mendatang. Untuk selanjutnya bergantung kepada Wali Kota, karena pembentukan tim seleksi sepenuhnya kewenangan Walikota Batu,” ungkap mantan pejabat Pemkot Batu tersebut.
Sesuai Perda, persyaratan calon direktur harus memiliki sertifkat manajemen air minum, pendidikan S1, usia maksimal dari luar PDAM 50 tahun, dari calon dari dalam PDAM 55 tahun. Bagaimana dengan direktur sekarang yang dua periode menjabat? Ridwan mengatakan, masa jabatan Jinung memang sudah dua periode jabatan, namun periode pertama yaitu tahun 2004-2008, saat itu belum terbit Perda PDAM.
Kemudian jabatan Direktur PDAM oleh Walikota Batu ditunjuk Plt Direktur yang dipegang oleh Kepala Dinas Pendapatan Zadiem Effesiensi sambil menunggu proses pembahasan dan pengesahan Perda. Jinung kembali diangkat menjadi Direktur untuk periode kedua pada tahun 2010-2014, melalui seleksi sesuai Perda PDAM. [sup]

Tags: