Jabatan Gubernur Khofifah Berakhir, Istu Ajak Masyarakat Jatim Ucapkan Terima Kasih

DPRD Jatim, Bhirawa
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengucapkan terima kasih pada kepemimpinan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Pasalnya, gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini membuahkan 738 penghargaan dari berbagai sektor dalam lima tahun terakhir.

“Terima kasih sudah mengabdi untuk Jawa Timur dengan berbagai prestasi, utamanya mensejahterakan masyarakat Jawa Timur,” ungkapnya, Senin (12/2/2024).

Istu yang juga mantan Gubernur Akmil ini pun berharap seluruh program-program baik Khofifah-Emil bisa terus berlanjut pada periode berikutnya. “Semoga bisa kembali terpilih di tahun 2024-2029,” terangnya.

Disamping itu, Istu berpesan kepada Penjabat (Pj) Gubernur yang terpilih menggantikan Gubernur Khofifah untuk tetap menjalankan program yang pro masyarakat kecil. “Semoga Pj Gubernur nanti juga tetap menjalankan program yang pro masyarakat kecil,” ungkap mantan Pangdam Bukit Barisan ini.

Sementara, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak pamit kepada seluruh pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), jelang berakhirnya jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Khofifah menyampaikan terima kasih atas sinergitas, kolaborasi, support, semangat dan partisipasi yang luar biasa dari seluruh warga Jawa Timur baik yang tinggal di Jawa Timur maupun yang tinggal di luar Jawa Timur.

“Saya bisa merasakan semangat itu pada saat misi dagang luar biasa, rasa persaudaraan terbangun dengan sangat kuat,” katanya di halaman kantor Gubernuran, Senin (12/2/2024).

Oleh karena itu, selama 5 tahun pasangan Kofifah-Emil menjalankan amanah dalam memimpin Jatim, keduanya mengaku mencatat banyak prestasi. Tetapi, ada juga kinerja yang harus terus dijaga, dan didorong untuk bisa terwujud.

“Yang tadi saya sampaikan, Indonesia Islamic Science Park, itu sebenarnya kita sudah komunikasikan agar penyerahan lahan dari PUPR bisa disegerakan,” imbuhnya.

“Proses itu rupanya enggak bisa sesegera yang kami harapkan. Jadi PR PR kita mudah-mudahan nanti akan dilancarkan oleh Pak PJ,” lanjutnya.

Khofifah juga berharap, Reformasi Birokrasi (RB) berdampak, yakni 4 item untuk terus bisa dijaga, ditumbuhkembangkan, dikuatkan, diluaskan, dan diperdalam.

“Jadi kemiskinan ekstrem bisa dinolkan, kemudian investasi dinaikkan, digitalisasi dalam sistem pemerintahan ditingkatkan,” tuturnya.

Khofifah juga meminta, agar program program aktual presiden, khususnya pengadaan barang dan jasa (PBJ), melibatkan UKM melalui e katalog yang lebih masif.

“E katalog dalam PBJ di Jawa Timur itu terbanyak, diantara seluruh provinsi di Indonesia. Apa yang sudah baik tolong dijaga dan ditumbuh kembangkan,” katanya.

“Dan tentu pesan kami jaga guyup rukun, soliditas diantara seluruh warga bangsa, terutama keluarga besar Pemprov. Terima kasih semua,” tandasnya.

Sementara itu, Emil Dardak merasa bersyukur bisa bekerjasama dengan sosok Khofifah Indar Parawansa.

“Saya merasa bersyukur, tadi luar biasa, bukan hanya leadership teknokratiknya, tapi punya pemimpin yang bertirakat ke maslahat warganya. Itu menjadi inspirasi yang luar biasa,” katanya. [geh]

Tags: