Jadi Langganan Banjir, Sungai di Rejoso Kabupaten Nganjuki Perlu Normalisasi

Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi melakukan peninjauan terhadap sungai dan waduk di Kecamatan Rejoso yang mengalami pendangkalan.(ristika)

Nganjuk, Bhirawa
Wilayah Kecamatan Rejoso yang kerap menjadi langganan banjir setiap musim penghujan memerlukan penaggulangan cepat dan tepat. Pasalnya sejumlah aliran sungai yang melintas Kecamatan Rejoso termasuk beberapa waduk kecil mengalami pendangkalan yang cukup parah.
Mencoba mengurai daerah banjir di kecamatan Rejoso, Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi melakukan peninjauan langsung terhadap sejumlah sungai dan waduk. “Desa Banjar, Desa Klagen, Desa Rejoso dan Desa Talang menjadi langganan banjir. Beberapa catatan dari hasil peninjauan terjadi pendangkalan sungai, plengsengan ambrol dan banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai,” terang Marhaen Djumadi.
Dari hasil peninjauan tersebut, Marhaen memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Bandan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan langkah antisipasi penanggulangan banjir. Misalnya melakukan pemasangan bronjong tepi sungai, pembersihan sungai dari sampah serta normalisasi sungai yang dangkal.
“Sungai Rejoso di Desa Klagen, Desa Rejoso, dan Desa Talang ternyata sungainya banyak yang dangkal, dan tangkisnya banyak yang longsor,” ungkap Wabup Marhaen Djumadi.
Melihat kondisi lapangan, karena tangkis sungai yang longsor Marhaen Djumadi mengatakan, Pemkab Nganjuk melalui dinas terkait segera mengambil tindakan dan menyelsaikan persoalan banjir tahunan dengan memasang bronjong untuk menahan erosi di sungai.
Lebih lanjut Marhaen Djumadi menjelaskan karena bencana banjir sangat merugikan masyarakat khususnya petani. Karena akibat luapan air sungai tersebut menggenangi areal sawah warga di Kecamatan Rejoso yang merupakan daerah lumbung pangan.
Selain itu Marhaen Djumadi juga menghimbau masyarakat, untuk menghentikan pembalakan liar serta tidak membuang sampah di sungai.
“Wujudkan Kabupaten Nganjuk yang aman dan nyaman, Pemkab Nganjuk bersama masyarakat terus lakukan hal yang terbaik untuk Kabupaten Nganjuk ,” pungkas Marhaen Djumadi saat melaksanakan monitoring sungai di Kecamatan Rejoso yang sebelumnya meluap hingga menggenangi pemukiman warga.(ris)

Tags: