Jaga Integritas CAT Lahirkan SDM PPS Tangguh di Pilkada Kota Batu

Suasana tes CAT seleksi PPS se-Kota Batu yang digelar di Laboratorium Komputer MAN Kota Batu.

Kota Batu, Bhirawa
Menjaga integritas penjaringan Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjadi sebuah kehormatan bagi KPU Kota Batu. Karena itu mereka melakukan pengawasan optimal dalam pelaksanaan seleksi tertulis PPS yang menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

Diketahui, pelaksanaan CAT Seleksi Anggota PPS ini digelar di Laboratorium Komputer MAN Kota Batu, Rabu (15/5). Tercatat ada 163 orang yang menjadi peserta CAT seleksi PPS ini. “Namun dengan jumlah peserta 163 orang, tercatat ada 10 orang yang tidak hadir,” ujar Heru Joko Purwanto, ketua KPU Kota Batu.

Ia menyatakan bahwa menjadi sebuah kehormatan bagi KPU Kota Batu untuk bisa menjalankan CAT seleksi PPS dengan integritaa tinggi. Karena hal jni akan memilih sumber daya manusia (SDM) terbaik untuk menjabat sebagai anggota PPS.

Apalagi jabatan ini yang akan bersentuhan langsung dengan para pemilih di pedesaan/ kelurahan dalam Pilkada Kota Batu mendatang. “Dan seleksi dengan metode CAT ini tentu juga akan mencatatkan dedikasi dari masing- masing peserta,” tambah Heru.

Ditambahkan anggota KPU Kota Batu yang lain, Marlina bahwa pihaknya memastikan bahwa tes CAT dilaksanakan dengan penuh integritas. Ia menegaskan bahwa kerahasiaan soal-soal CAT dipastikan terjaga. “Kami baru menerima soal beberapa jam sebelum pelaksanaan tes CAT ini. Tidak ada pengurangan, tidak ada penambahan nilai. Murni dari hasil tes CAT” jelas Marlina.

Selain itu pelaksanaan tes CAT calon anggota PPS ini mendapatkan pengawasan langsung dari Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Divisi SDM dan Litbang, Eka Wisnu Wardhana. Pelaksanaan ini sendiri berlangsung lancar dan kondusif. Peserta tampak fokus mengerjakan CAT berjumlah 75 soal dengan durasi waktu 90 menit.

Sebelumnya, KPU Kota Batu juga telah melaksanakan tes wawancara bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024, Tes wawancara ini dilaksanakan di The Onsen Hot Spring Resort dimana pelaksanaannya dikordinir langsung oleh ketua dan anggota KPU Kota Batu.

“Hasil pelaksanaan tes wawancara dijadikan oleh KPU sebagai dasar penilaian untuk memilih lima orang anggota PPK dan lima orang calon Pengganti Antar Waktu di masing-masing kecamatan,” jelas Marlina.

Setelah melaksanakan tahapan wawancara dan menyelesaikan seluruh tahapan seleksi, akhirnya KPU Kota Batu telah menetapkan nama-nama terpilih sebagai anggota PPK dan nama-nama calon Pengganti Antar Waktu (PAW).

Melalui pengumuman yang telah dilakukan, KPU Kota Batu memberitahukan bahwa nama-nama terpilih diwajibkan mengikuti kegiatan pelantikan, pengambilan sumpah/janji. Selain itu juga akan dilakukan penandatanganan pakta integritas anggota PPK yang akan dilaksanakan pada Kamis, hari ini (16/5). [nas.iib]

Tags: