Jaga Kamtibmas, Polrestabes Surabaya Ungkap Kasus Kejahatan Jalanan

Para pelaku curanmor beserta barang bukti diamankan di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (5/1).

Polrestabes Surabaya, Bhirawa
Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil mengungkap kasus kejahatan jalanan di Surabaya. Dari kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ini Polisi mengamankan tiga orang pelaku.

Ketiga pelaku yang ditangkap itu adalah Yulianto (27), Jamaludin (32) dan Moh. Hasin (33). Ketiganya merupakan warga Bangkalan. Serta satu orang pelaku lainnya, Ali masih dalam pengejaran petugas alias DPO (daftar pencarian orang).

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, AKP M Akhyar menjelaskan, pada Rabu (16/12/2020) sekitar pukul 01.00 WIB, para pelaku melakukan pencurian di sebuah rumah di Keputih Timur, Surabaya. Modusnya yakni dengan menjebol pagar rumah dan mencongkel kunci motor.

“Anggota yg mendapat laporan masyarakat segera menindak lanjuti laporan dan berhasil mengamankan pelaku di Jembatan Suramadu dan di Desa Jedih, Bangkalan,” jelasnya, Selasa (5/1).

Dia menambahkan, selain di Keputih Timur, komplotan ini sebelumnya juga beraksi di sejumlah lokasi lain di Surabaya. Seperti di Semampir Selatan dan Manyar Sabrangan.

“Dari tangan para pelaku, kami mengamankan tiga unit sepeda motor sebagai barang bukti. Ketiganya motor matic, Honda Beat. Kami juga mengamankan satu buah kunci T dan empat buah handphone,” pungkas Akhyar.

Barang bukti ini berupa kendaraan bermotor merk Honda Beat Hitam Nopol L 2232 WX, Beat Biru Putih Nopol L 2162 XM, Beat putih Nopol M 6245 GG (Sarana) dan 1 buahKunci T serta 4 unit Handphone.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp 60 juta. [bed]

Tags: