Jaga Kelestarian Alam, Polres Ponorogo Tanam 3.000 Pohon

Ponorogo, Bhirawa
Sebagai upaya menjaga kelestarian alam, Polres Ponorogo melakukan kegiatan menanam pohon di Gunung Dawetan, Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jum’at (10/01). Penanaman 3.000 pohon jenis mete dan beringin merupakan bagian dari program penghijauan yang dilakukan secara serentak oleh jajaran Polres di seluruh Indonesia.
Kapolres Ponorogo Arief Fitrianto mengatakan, lokasi penanaman dipilih untuk menjaga sumber air. “Kita tanam di Gunung Dawetan supaya sumber air terawat. Agar kondisi tanah di lokasi penanaman tetap baik sehingga dapat menyimpan cadangan air. Jumlah total pohon yang kita tanam sekitar 3.000 pohon,” jelasnya.
Selain dengan menanam pohon, menjaga kelestarian alam akan dilakukan Polres Ponorogo dengan menindak tegas pembalakan kayu liar. “Kita sudah berkomitmen untuk memindak tegas pembalak liar,” tegas Arief Fitrianto.
Sementara itu, menurut Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto, waktu pelaksanaan penghijauan sangat tepat. Selain itu, Dandim juga melihat kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas. “Tepat kiranya penghijauan dilakukan pada saat musim penghujan seperti ini, karena kebutuhan air sangat mencukupi. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk sinergitas TNI, Polri, dan masyarakat,” ujar Dandim Sigit.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Polres Ponorogo ini melibatkan banyak pihak, diantaranya Kodim 0802/Ponorogo, BPBD, PMI, Perhutani, Pramuka, Tagana, dan berbagai elemen masyarakat. (yan)

Tags: