Jalan Kayoon Bernuansa Pink

Surabaya, Bhirawa
Menjelang Valentine Day, puluhan pedagang bunga di sepanjang Jalan Kayun berlomba-lomba menghias tokonya dengan didominasi warna pink. Selain itu mereka juga menjual pernak-pernik untuk menyambut hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari itu.
Salah satu pemilik Toko Bunga Kokoh, Santo Wahyudi mengaku sengaja menghias tokonya bernuansa pink  dengan tujuan menarik pembeli. “Saya berusaha tampil beda dalam segi penampilan toko, dengan begini saya berharap banyak pembeli yang tertarik,” katanya saat , Senin (10/2).
Bahkan sejak awal Februari ia bersama istrinya, Retno sudah mempersiapkan  semua pernak-pernik valentine. Selain bunga, ada juga dipersiapkan semacam boneka, bantal imut, bunga kain, dll. “Kami menjual merchandise valentine,” katanya Santo didampingi istrinya Retno.
Harga bunga mawar satu tangkai yang biasanya dijual Rp.7000,- di hari biasa, pada momen menjelang valentine naik Rp.10.000,- per tangkai, itu sudah termasuk pita bersama plastiknya. Kenaikan harga ini dipicu karena banyaknya permintaan konsumen. Namun jika membeli bunga secara grosir ada potongan harga, “saya memberikan potongan harga sampai 40 persen  jika ada yang membeli secara grosir”. Imbuhnya.
Pedagang Mug Valentine
Datangnya hari valentine merupakan rezeki tersendiri bagi pembuat merchandise di Surabaya. Mulai dari pedagang coklat, pedagang bunga, industri sablon kaos couple (pasangan), hingga pembuat mug (gelas cangkir) ikut meraup rupiah pada hari kasih sayang yang terjadi satu tahun sekali di peringati.

Linda pedagang pembuat mug di kawasan Gunung Anyar ini mengungkapkan pada H-4 sebelum valentine, order pembuatan mug miliknya mengalami kenaikan sekitar 10 persen.  ” Selain kami menjual sendiri ke pasar, kami juga menyediakan harga khusus bagi konsumen yang mau reseller (menjual kembali), untuk konsumen Surabaya juga sudah ada, namun ada juga yang melakukan pemesanan melalui email. Umumnya dari daerah sekitar Surabaya,” ujarnya ketika di temui di tempat workshopnya.

Dia mengakui bahwa pemesanan reseller telah di buka mulai tanggal 7 kemarin. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi memblukdaknya pemesanan mug valentine. ” Mug yang berbentuk hati yang paling di cari oleh para reseller. Untuk harga mug per buahnya saya jual dengan harga Rp 19.000, namun jika reseller membeli dalam jumlah yang banyak maka reseller akan mendapatkan harga spesial yakni Rp18.250 per buahnya, harga tersebut belum termasuk ongkos kirim,” jelasnya.n geh. [wil]  

 

Rate this article!