Jalan Nasional – Jembatan di Tuban Rawan Ambrol

7-FOTO A hud-Jembatan Rusak 1Tuban, Bhirawa
Minim perawatan, jembatan jalur pantura yang berada di Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban yang merupakan jalan nasional terancam ambrol. Jembatan yang sebelumnya pernah ambrol pada 2013 silam, kini kondisinya semakin memperhatinkan.
Karena, kedua ujung jalan jembatan tersebut aspalnya mulai retak. Bahkan, bekas aspal yang pernah ambrol juga mulai retak dan tampak ambles. Tidak hanya itu, di sisi tengah jembatan juga banyak yang berlubang. “Benar jembatan ini sudah lama tidak dirawat, jika dibiarkan terus menerus pasti akan ambrol. Lihat saja bekas yang dulu pernah ambrol, kini mulai retak dan ambles. Jika segera tak ditangani maka bisa ambrol,” kata Suwandi warga setempat ketika melintas di jalur tersebut (27/1).
Menurutnya, kondisi jembatan yang rusak hingga saat ini belum ada tanggapan dari pemerintah dan bahkan terkesan cuek. Karena, sudah berbulan-bulan rusak belum saja ditangani. “Sudah tau kalau jembatannya banyak yang retak dan berlobang, tapi pemerintah diam saja. Padahal, jembatan itu adalah jembatan utama yang sering dilewati truk-truk besar,” terang Suwandi.
Karena kondisi jembatan yang rawan dengan kecelakan dikarenakan banyak lubang ditengah jembatan, banyak masyarakat serta penguna jalan khususnya sopir truk besar mengeluh serta takut. Karena mereka khawatir ketika melintas tiba-tiba jembatan ambrol dan mengakibatkan kecelakaan. “Sebenernya takut jika mau melintasi jembatan ini, tapi gimana lagi soalnya tidak ada jalur lain selain melintasi jembatan ini,” kata Suwarno Sopir Truk gandeng ketika melintas dari Surabaya hendak menuju Semarang ini.
Sementara itu, UPT Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur selaku pemiliki wewenang menagani jembatan itu ketika dikonfirmasi belum memberikan tanggapan. [hud]

Caption foto : Kondisi jalan dan jembatan di Desa Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban yang terancam ambrol karena minim peratawan. (Khoirul Huda/bhirawa)

Tags: