Jalan Raden Wijaya Tengah Kota Sidoarjo Rusak Parah

Jalan Raden Wijaya tengah Kota Sidoarjo tempat Sentra PKL jualan rusak parah. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Mencari jalan berlubang di wilayah Kabupaten Sidoarjo tidak perlu jauh-jauh hingga di pinggir-pinggir wilayah kabupaten yang padat dengan ratusan perusahaan ini.

Di tengah Kota Sidoarjo yang berada di jalan Raden Wijaya Sidoarjo, juga bisa ditemui. Jalan tersebut berada di sebelah timur Kantor Pemkab Sidoarjo.

Atau tepatnya di depan Kantor PN Sidoarjo jalan Jaksa Agung Suprapto. Jalan ini juga di sebelah timur Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo yang juga berada di jalan Jaksa Agung Suprapto, Sidoarjo.

Di jalan sepanjang hampir 100 meter itu, titik disebelah utara, yang selama ini rusak namun hanya diuruk degan matrial saja, sehingga semakin hancur kena air hujan.

Menurut penuturan PKL yang berjualan ditempat itu, beberapa Minggu yang lalu, jalan itu sempat terendam banjir, karena saat hujan juga pas air laut dalam kondisi pasang.

“Dua hari istri saya tidak jualan,” kata Yatno, Minggu (7/3) kemarin, yang istrinya berjualan nasi di sentra PKL di tengah Kota Sidoarjo ini.

Di jalan itu menurut Yatno ada sekitar 23 PKL. Saat banjir, yang tidak buka hanya 2 PKL. Sementara PKL lainnya masih tetap nekat membuka warungnya.

Selain itu, menurut Dedi , warga sekitar yang berada di Kelurahan Sidoklumpuk Kec Sidoarjo kota itu, menuturkan jalan Raden Wijaya tersebut hancur sebab letak posisinya rendah, karena berada di bawah jalan Jaksa Agung Suprapto maupun dengan jalan Untung Suropati.

Di jalan Raden Wijaya itu, saat ini di sisi sebelah utara, aspalnya hancur dan oleh para pedagang di sentra PKL itu hanya diuruk dengan bahan-bahan materialan seadanya.

“Sudah lama hancur, tapi tidak tahu kenapa tidak ada Instansi Pemerintah terkait yang peduli. Padahal tempatnya di lingkungan kantor-kantor Pemerintahan,” kata Dedi, warga sekitar.

Karena letaknya yang lebih rendah, sehingga jalan Raden Wijaya ini menjadi buangan air hujan di dua jalan di tengah kota Sidoarjo itu. Akibatnya aspal di jalan Raden Wijaya itu hancur.

Plt Camat Sidoarjo Kota, Drs Imam Mukri Affandy MM, menuturkan jalan Raden Wijaya masuk menjadi tanggung jawab dari Dinas PUBM dan SDA Kab Sidoarjo. Pihaknya juga sudah melaporkan kepada pihak Dinas PUBM dan SDA Kab Sidoarjo.

Dirinya menceritakan saat melakukan Sidak keliling di wilayahnya, diakui banjir penyebabnya antara lain pendangkalan saluran air, kemudian curah hujan tinggi ditambah air laut yang pasang.

Sehingga air hujan tertahan tidak bisa mengalir ke sungai. Akibatnya jalan-jalan semakin rusak karena air merendam jalan. Tentu saja aspalnya mrotoli begitu dilewati kendaraan.

“Saran saya jalan itu lebih baik di beton saja,” kata Imam yang juga Kabag Pemerintahan Pemkab Sidoarjo itu. (kus)

Tags: