Jalan Raya Tandes Surabaya Ambles

9- petugas kepolisian Tandes saat melakukan sistem buka tutup jalan agar tidak terjadi kemacetan. gehSurabaya, Bhirawa
Amblesnya jalan Raya Tandes di musim penghujan lantaran pengerjaan proyek box culvert membuat pihak kepolisian memakai  sistem buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan lalu lintas. Selain itu pengguna mobil bermuatan dilarang melintasi dan dialihkan ke tol Dupak.
Kanitlantas Polsek Tandes, M Taufik mengatakan, amblesnya jalan raya Tandes tidak terlalu membahayakan para pengguna jalan kalau masih mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jadi, para pengguna jalan yang melintas tidak bisa bersimpangan, maka harus dilakukan bergantian.
” Jadi pengguna jalan termasuk mobil bermuatan berat harus lewat jalan tol, kalau mobil pribadi masih bisa melewati kok,” terangnya pada Bhirawa, Senin (8/12) disela-sela mengatur lalu lintas.
Untuk keselamatan para pengguna jalan, Taufik menyarankan, untuk tidak melewati jalan Raya Tandes. Dirinya menghimbau untuk tidak mengebut dijalan yang ada pengerjaan proyek box culvert. ” Terjadinya kecelakaan pengguna jalan karena kelalaian pengendara sendiri, kemarin itu pengendara mabuk dan terjatuh disini,” imbuhnya.
Selain itu, pihaknya menyarankan untuk lewat Jalan yang tidak ada pengerjaan proyek box culvert. Seperti lewat Jalan Darmo Indah, jadi juga bisa mengurangi volume jalan di Raya Tandes. ” Apalagi kondisi tanah disini kan labil, jadi memang rawan kalau dibuat perlitasan mobil-mobil berat,” sarannya.
Selain itu, Nugroho Setiawan selaku Kepala Teknik dari PT Waskita Karya ketika ditemui Bhirawa mengatakan, dirinya akan terus memantau kondisi lapangan selama 24 jam. Terkait musim hujan, dirinya akan berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya untuk meminjam pompa air agar pengerjaan proyek box culvert cepat selesai sesuai target.
” Ini kan musim hujan, jadi kondisi alam memang tidak bisa ditebak. Apalagi kondisi tanah disini sangat labil. Jadi untuk saat ini kami masih menggunakan pompa air milik kita sendiri, ” jelasnya.
Selain itu, dirinya optimis dan tetap bekerja pada koridor agar selesai sesuai target. Pemantauan ditingkatkan mengingat musim hujan. ” Karena kami takut kalau musim hujan ini mendapat kiriman air hujan pada tempat lain, ini yang saya khawatirkan. Dan para pengguna jalan yang melintas juga harus berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbuhnya. (geh)

Keterangan Foto : Petugas-kepolisian-Tandes-saat-melakukan-sistem-buka-tutup-jalan-agar-tidak-terjadi-kemacetan.-[geh/bhirawa]

08/12/2014
Rate this article!
Tags: