Jalan Rusak di Gresik, Adukan Lewat Aplikasi APALAN

Wabup Moh.Qosim tengah lounching aplikasi terkait kerusakan jalan. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Satu lagi layanan masyarakat dalam bentuk aplikasi Android diluncurkan. Kali ini , Team Unit Reaksi Cepat Bina Marga (URC Bima) Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Gresik meluncurkan Aplikasi Layanan Pengaduan Pengguna Jalan (APALAN).
Bertempat di Halaman Gelora Joko Samudro, Rabu (20/12), Wakil Bupati (Wabup) Gresik Mohammad Qosim bersama anggota Forkopimda, Ketua TP PKK Gresik, Ketua GOW Gresik, Ketua Dharma Wanita Pemkab Gresik, Ketua MUI Gresik melakukan penekanan tombol sirine, serta pelepasan balon ke udara menandai berfungsinya aplikasi APALAN ini di Android.
Menurut Wabup, aplikasi ini salah satu terobosan dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Aplikasi ini merupakan sebuah bentuk kemajuan dibidang layanan masyarakat untuk memudahkan masyarakat mengadukan terkait adanya jalan yang rusak dan berlubang. Masyarakat bisa mengadukan kapanpun dan dimanapun.
”Daripada anda menanam pisang pada jalan rusak dan berlubang, maka lebih baik anda memfoto jalan itu kemudian mengunggah pada APALAN. Niscaya jalan yang rusak itu segera ditangani untuk diperbaiki,” ujar Wabup dihadapan para undangan yang hadir.
Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Bambang Isdianto menyatakan, terkait launching aplikasi APALAN ini pihaknya telah memnbagi tim URC Bima menjadi empat kawasan, ada yang bertugas di kawasan Utara, Tengah, Selatan dan wilayah kota.
Menurut Bambang, selama ini tim URC Bima telah melakukan ratusan perbaikan melalui pengaduan langsung, melalui telephone atau sms.
”Dengan aplikasi APALAN ini akan mempermudah pekerjaan kami sehingga informasi kerusakan jalan masuk beserta fotonya. Tentu hal ini akan memudahkan kami untuk memetakan perbaikannya serta jumlah material yang dibutuhkan. Setiap aduan yang masuk melalui aplikasi APALAN ini akan kami tangani langsung paling lama 24 jam setelah pengaduan itu,” janji Bambang. [eri]