Jaring Pembalap Berbakat, ISSI Banyuwangi Gelar Bupati Cup 2014

Dr Guntur Prijambodo

Dr Guntur Prijambodo

Banyuwangi, Bhirawa
Keberhasilan Pemkab Banyuwangi menggelar event internasional balap sepeda Tour de Ijen, memicu semangat masyarakat setempat gemar olahraga memacu sepeda angin. Melihat animo itulah pemkab akan menggelar lomba balap sepeda Bupati Cup 2014 pada 31 Mei mendatang.
Menurut Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) Banyuwangi, Dr Guntur Prijambodo ide membuat lomba balap sepeda setelah Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas melihat banyak anak-anak yang adu cepat sepeda di depan aloon-aloon.
Selain itu banyak kegiatan sepeda seperti fun bike yang dilakukan beberapa kelompok masyarakat di ruas jalan terutama pada hari Sabtu dan Minggu. “Pak bupati (Azwar Anas) menyarankan agar anak-anak yang gemar balap sepeda diberikan kesempatan¬† agar mereka bisa menyalurkan hobinya,” kata Guntur saat ditemui di Pendopo Banyuwangi, Minggu (27/4).
Lebih lanjut Guntur menjelaskan, pada lomba nanti akan digelar di depan kantor Bupati Banyuwangi dan dibagi beberapa kriteria, seperti men and women elite, senior, yunior, ekesekutif dan pemula atau sioswa SD, SMP, SMA. “Aturan yang dijalankan sesuai standar UCI, namun khusus untuk pemula mereka bisa memakai sepeda MTB,” katanya.
Saat disinggung mengenai jarak tempuh, Guntur mengaku masih harus melakukan rapat dengan pengurus, terutama untuk para siswa. ‘Lomba ini bersifat open sehingga seluruh pembalap dari Jatim boleh ikut. Kami juga berharap nantinya muncul atlet berbakat dari Banyuwangi,” kata Guntur yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi itu.
Selama ini, Banyuwangi terus menggelar beberapa event olahraga internasional. Selain untuk promosi wisata, kegiatan itu juga bertujuan untuk mengangkat perekonomian rakyat.
Bahkan Azwar sangat antusias ketika Banyuwangi dituntuk sebagai tuan ruman Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V 2015. “Kami sangat siap untuk menggelar Porprov, karena selama ini kita juga sudah sering menggelar event internasional,” kata Azwar Anas saat membuka Rakerda KONI Jatim di Pendopo Banyuwangi, Kamis (24/4) lalu. [wwn]

Tags: