Jaringan 4G, Siap untuk Layanan Mobile Broadband

Senior Advisor-Transformation Project XL, Rashad Javier Sanchez,  Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, Chief Corporate Affairs Officer XL, Eka B. Danuwirana.

Senior Advisor-Transformation Project XL, Rashad Javier Sanchez, Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, Chief Corporate Affairs Officer XL, Eka B. Danuwirana.

Surabaya, Bhirawa
Memasuki usia ke-20, PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyiapkan jaringan 4G LTE untuk menyelenggarakan layanan mobile broadband. Dengan demikian, XL sudah siap menggelar layanan tersebut dalam waktu dekat di semua kota yang sudah terjangkau  jaringan 4G.
Bahkan XL segera akan meluncurkan layanan mobile broadband untuk kalangan perorangan, rumah tangga, dan bisnis. “XL selalu berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur jaringan mobile broadband di Indonesia, tak hanya di pula Jawa namun juga di wilayah luar pula Jawa. dan kini memasuki usia yang ke-20,” jelas Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya saat dikonfirmasi Bhirawa, Rabu (5/10) kemarin.
Yessie menambahkan, XL akan terus menggencarkan kesiapan jaringan termasuk layanan mobile broadband yang menyertainya sebagai bagian dari kontribusi XL membantu pemerintah membangun masyarakat menuju Indonesia Unggul.
Adapun berbagai kesiapan jaringan yang telah dilakukan tersebut diantaranya adalah memperluas pembangunan infrastruktur jaringan 4G di berbagai wilayah di Indonesia,  melakukan upgrade kapasitas jaringan menjadi 15MHz, meningkatkan kapasitas pada jaringanbackbone dan transport.
“Juga menerapkan small cell di beberapa lokasi guna memperkuat signal, pemanfaatan spektrum 900 MHz untuk pemanfaatan layanan 3G sehingga cakupan layanan mobile broadband bisa semakin luas dinikmati masyarakat dan sebagainya. XL juga sudah siap untuk memanfaatkan spectrum 2100 MHz  untuk layanan 4G ke depannya,” terangnya.
Sementara itu layanan mobile broadband  XL diharapkan juga menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap layanan internet yang berkualitas, cepat dan stabil untuk mendukung berbagai aktivitas.
“Layanan ini sekaligus akan mempercepat adopsi masyarakat atas layanan internet 4G LTE, yang tentunya akan semakin menambah jumlah masyarakat yang dapat segera menikmati manfaat dari internet cepat,” ujarnya.
Sedangkan layanan mobile broadband yang disediakan XL juga merupakan respon atas terus meningkatnya permintaan terhadap layanan data berkapasitas besar, salah satunya video. Data menunjukkan sepertiga dari populasi Indonesia saat ini telah akrab dengan internet. Sekitar setengahnya sangat tergantung dengan internet untuk menunjang aktivitas keseharian. Sekitar 22 persen dari pengguna internet tersebut mengakses layanan video secara online.
Saat ini juga semakin meningkat permintaan dari kalangan bisnis kecil dan menengah (UKM) atas layanan internet cepat yang berkualitas. “Mereka membutuhkan akses internet terutama untuk menunjang aktivitas pemasaran dan promosi. Pada era digital seperti saat ini, menjual produk berarti harus mampu menampilkan produk layanan dalam format gambar dan video untuk bisa merebut perhatian pasar atau konsumen,” pungkasnya. [riq]

Tags: